PESAN MODERASI BERAGAMA MELALUI KARYA FOTOGRAFI JURNALISTIK STUDI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANYUMAS

MUCHAMAD, JAFAR SIDIK PRANATA (2024) PESAN MODERASI BERAGAMA MELALUI KARYA FOTOGRAFI JURNALISTIK STUDI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img] Text
MUCHAMAD JAFAR SIDIK PRANATA_PESAN MODERASI BERGAMA MELALUI KARYA FOTOGRAFI JURNALISTIK STUDI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di Indonesia, negara dengan keragaman agama yang besar, moderasi beragama menjadi landasan penting dalam memelihara keharmonisan sosial. Pemerintah, bersama dengan lembaga Kementerian Agama dan masyarakat sipil, telah memainkan peran kunci dalam mendorong dialog antar agama, menyediakan ruang bagi berbagai keyakinan, serta menggalang kerjasama lintas-agama dalam berbagai bidang. Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan karya fotografi jurnalistik sebagai alat untuk menyampaikan pesan moderasi beragama dalam masyarakat. Melalui pendekatan visual ini, penelitian berfokus pada eksplorasi bagaimana gambar-gambar dapat mempengaruhi persepsi, emosi, dan pemahaman tentang keragaman agama serta pentingnya toleransi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literature. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode analisis semiotika roland barthes. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis semiotika maka dapat di simpulkan bahwa melalui karya fotografi jurnalisik yang disajikan oleh Kementerian Agama, menunjukkan bahwa pesan-pesan moderasi beragama dapat tersampaikan dengan kuat dan menginspirasi pemahaman yang lebih dalam akan keberagaman agama. Karya-karya ini memungkinkan untuk menciptakan narasi visual yang menghadirkan momen sehari-hari yang menunjukkan kerukunan antar-umat beragama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Moderasi Beragama, toleransi, kebersamaan, gotong-royong Fotografi, Jurnalistik
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: MUCHAMAD JAFAR SIDIK PRANATA sdr
Date Deposited: 26 Jan 2024 06:47
Last Modified: 01 Feb 2024 03:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23471

Actions (login required)

View Item View Item