UPAYA GURU MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL CILIBUR

Kelfina Agustiani, Indahsari (2024) UPAYA GURU MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL CILIBUR. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Kelfina Agustiani Indahsari_Upaya Guru Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini di TK Asyiyah Bustanul Athfal Cilibur Brebes.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

TK Asyiyah Bustanul Athfal Cilibur adalah salah satu sekolah yang menjadi TK percontohan yang ada di Kabupaten Brebes, termasuk ke dalam salah satu TK favorit menjadikan TK ini banyak para orang tua yang tertarik untuk menyekolahkan anak di TK tersebut. Sekolah yang memiliki minat belajar siswa yang tinggi dan juga pada aktivitas belajar. Guru menyadari pentingnya minat belajar anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dibutuhkan stimulus yang tepat. Tentunya dengan cara yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan. Penyebab tingginya minat belajar pada siswa adalah metode pengajaran yang digunakan dikemas secara menarik karena guru menerapkan metode yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Penyebab lainnya guru mampu memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitar sekolah sebagai fasilitas belajar sehingga proses belajar mengajar dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik. Maka dari itu, sekolah TK Aisyiyah Bustanul Athfal Cilibur masih menjadi TK favorit dari dulu. Siswa bukan hanya berasal dari desa cilibur saja melainkan ada beberapa siswa dari luar desa cilibur karena para orang tua sudah percaya pada kualitas pendidikan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Cilibur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru meningkatkan minat belajar anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Cilibur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dalam bentuk penelitian lapangan (field research). Di mana objek penelitian ini adalah upaya guru dan minat belajar dalam pembelajaran anak usia dini dan yang menjadi subjek yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Cilibur untuk meningkatkan minat belajar peserta didik, guru menerapkan beberapa cara dengan memberikan motivasi dan memberikan metode pembelajaran yang menarik seperti metode karyawisata, metode demontrasi, dan metode bercerita. Penggunaan metode pembelajaran yang digunakan sesuai kebutuhan mampu meningkatkan minat belajar anak tanpa ada paksaan dari mana pun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Minat Belajar, Anak Usia Dini
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Kelfina Agustiani Indahsari sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:10
Last Modified: 26 Jan 2024 08:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23469

Actions (login required)

View Item View Item