PENGGUNAAN DANA ZAKAT UNTUK MODAL USAHA DI LAZNAS AL IRSYAD PERSPEKTIF FATWA DSN MUI NO. 4 TAHUN 2003

Dwi Amelia, Fitrianingrum (2024) PENGGUNAAN DANA ZAKAT UNTUK MODAL USAHA DI LAZNAS AL IRSYAD PERSPEKTIF FATWA DSN MUI NO. 4 TAHUN 2003. Skripsi thesis, UIN. Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DWI AMELIA FITRIANINGRUM_PENGGUNAAN DANA ZAKAT UNTUK MODAL USAHA DI LAZNAS AL IRSYAD PERSPEKTIF FATWA DSN MUI NO. 4 TAHUN 2003.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman penggunaan dana zakat di Indonesia yang digunakan untuk bantuan modal usaha bagi mustahik semakin banyak berkembang. Lembaga pengelola zakat di Indonesia juga sudah banyak dan diakui oleh pemerintah dan Undang-Undang. Selaras dengan adanya Fatwa DSN MUI No. 4 tahun 2003 tentang Penggunaan Dana Zakat Untuk Investasi atau biasa disebut dengan modal usaha menjadi suatu pedoman bagi lembaga-lembaga pengelola zakat yang akan menyalurkan dana zakat sebagai modal usaha mustahik. Penelitian ini akan membahas mengenai bagaimana penggunaan dana zakat pada suatu lembaga yaitu Laznas Al Irsyad yang digunakan untuk bantuan modal usaha apakah sesuai dengan fatwa DSN MUI dalam praktiknya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan atau (field research). Pendekatan penelitiannya bersifat kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan dokumentasi sedangkan metode analisis datanya menggunakan metode induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penggunaan dana zakat untuk modal usaha di Laznas Al Irsyad dalam praktiknya sudah sesuai dengan poin dari Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia No. 4 Tahun 2003 adalah sudah sesuai dengan poin yang pertama adalah harus disalurkan pada usaha yang dibenarkan oleh syariah dan peraturan yang berlaku dan usaha yang dibantu, kemudian yang kedua adalah poin yang berbunyi diinvestasikan pada bidang-bidang usaha yang diyakini akan meberikan keuntungan atas dasar studi kelayakan. Selanjutnya yaitu dibina dan diawasi, dan yang terakhir adalah poin dilakukan oleh institusi dan lembaga yang professional. Laznas Al Irsyad sudah memenuhi dari semua kriteria tersebut dalam praktiknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Dana Zakat, Modal Usaha
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.1406 Manajemen Zakat
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Dwi Amelia Fitrianingrum sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:51
Last Modified: 26 Jan 2024 07:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23466

Actions (login required)

View Item View Item