WACANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI MEDIA ONLINE (ANALISIS WACANA NORMAN FAIRCLOUGH PADA MUBADALAH.ID)

Hanifah, Asjad Andriani (2024) WACANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI MEDIA ONLINE (ANALISIS WACANA NORMAN FAIRCLOUGH PADA MUBADALAH.ID). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Hanifah Asjad Andriani_Wacana Kekerasan Dalam Rumah Tangga di Media Online (Analisis Wacana Norman Fairclough Pada Mubadalah.id).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Media online merupakan salah satu wujud perkembangan teknologi di dunia pertukaran informasi, saluran penyebaran informasi yang dapat dengan mudah diakses melalui jaringan internet yang hampir diseluruh wilayah. Pesan pada media yang terhubung ke dalam jaringan internet, menyebar dengan pesat keseluruh penjuru dunia. Media online sering disebut sebagai media digital, media siber (cyber), dan media internet merupakan media baru (new media) setelah media cetak (surat kabar, majalah, tabloid) dan media elektronik (radio, televisi, film). Dengan banyak kekerasan yang terjadi di Indonesia dan tampaknya semakin sering terjadi. Peneliti tertarik mengangkat masalah sosial kekerasan dalam perspektif Islam. Mubadalah.id merupakan situs web populer yang membagi informasi tentang bagaimana hubungan antara seorang perempuan (Wanita) dan laki-laki (Pria) dalam kacamata Islam. Penelitian ini bertuajuan untuk mengetahui media Mubadalah.id Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) direpresentasikan. Penelitian ini merupakan studi kualitif dengan jenis penelitian deskriptif yang menjelaskan data dengan mendalam. Sampel penelitian dikumpulkan melaluli metode dokumentasi unggahan artikel di website Mubadalah.id. penelitian ini menganalisis wacana menggunakan Teori Wacana Kritis Norman Fairclough. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana dari media online Mubadalah.id terus berupaya menyuarakan perlindungan bagi para Perempuan korban kekerasan dlam rumah tangga dan menggambarkan semua permulaan dari kekerasan adalah dari ketidak mampuan para pelaku dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Dari analisis wacana tersebut dapat disimpulkan bahwa media online Mubadalah.id lebih pro terhadap Perempuan, korban kekerasan dalam rumah tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Wacana, Media Online, Kekerasan dalam Rumah Tangga
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Hanifah Asjad Andriani
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:55
Last Modified: 26 Jan 2024 08:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23465

Actions (login required)

View Item View Item