PENGARUH K-WAVE DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT PEMBELIAN MERCHANDISE KPOP DI TOKOPEDIA (Studi Kasus pada Mahasiswa UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto)

SOMI RATNA, DAMAYANTI (2024) PENGARUH K-WAVE DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT PEMBELIAN MERCHANDISE KPOP DI TOKOPEDIA (Studi Kasus pada Mahasiswa UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SOMI RATNA DAMAYANTI_PENGARUH K-WAVE DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT PEMBELIAN MERCHANDISE KPOP DI TOKOPEDIA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi semakin meningkat dan menjadikan budaya Korea lebih dikenal luas oleh dunia, termasuk di Indonesia. Korean Wave muncul pertama kali di Negara Korea Selatan, dan kemudian menyebar ke seluruh Negara yang ada di dunia. Penyebaran ini dimulai dari adanya musik pop Korea (KPop) yang sangat digemari oleh kaum milenial. Selain tertarik pada musiknya, penggemar KPop juga memiliki ketertarikan pada merchandise KPop yang berkaitan dengan grup idola. Kecintaan generasi milenial terhadap music KPop merupakan dampak dari Korean Wave. Korean Wave merupakan kepopuleran budaya Korea yang tengah menyebar di seluruh negara di dunia. Penelitian ini untuk mengetahui secara mendalam mengenai fenomena Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto dalam menggemari Korean Wave. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Korean Wave dan Brand Image terhadap minat pembelian merchandise kpop di Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto yang terdiri dari 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dan purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan diolah dengan IBM SPSS versi 25. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji determinasi (r2) dan uji hipotesis yaitu uji t (parsial) dan uji f (simultan). Hasil pengolahan data dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Korean Wave dan Brand Image memiliki pengaruh yang signifikan dan simultan terhadap Minat Pembelian Merchandise KPop di Tokopedia pada Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Korean Wave, Brand Image, Minat Pembelian
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.78 Seni Musik, Seni Suara, Seni Tari
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.79 Seni Drama, Sinetron, Film
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Somi Ratna Damayanti sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:47
Last Modified: 26 Jan 2024 07:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23462

Actions (login required)

View Item View Item