IMPLEMENTASI LELANG DAN PENETAPAN HARGA LELANG PADA BARANG JAMINAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Empiris pada Pegadaian Syariah Purwokerto)

Firdaus, Amelia (2024) IMPLEMENTASI LELANG DAN PENETAPAN HARGA LELANG PADA BARANG JAMINAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Empiris pada Pegadaian Syariah Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Firdaus Amelia_IMPLEMENTASI LELANG DAN PENETAPAN HARGA LELANG PADA BARANG JAMINAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Empiris Pada PT. Pegadaian Syariah Purwokerto ).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI LELANG DAN PENETAPAN HARGA LELANG PADA BARANG JAMINAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Empiris pada Pegadaian Syariah Purwokerto) FIRDAUS AMELIA NIM. 1817202104 E-mail: [email protected] Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto ABSTRAK Pegadaian syariah adalah lembaga keuangan non bank yang menjalankan tugasnya berdasarkan prinsip islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Lelang Barang Jaminan Dalam Perspektif Ekonomi Islam, kemudian dikaitkan dengan teori-teori yang ada untuk selanjutnya ditelaah secara mendalam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan populasi yaitu seluruh Karyawan dan Nasabah Lelang dengan sampel yang digunakan yaitu menggunakan metode nonproability sampling yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling dan sampe. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan yaitu seluruh data yang dikumpulkan berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari data-data yang diperoleh, peneliti menyimpulkan bahwa jika dilihat berdasarkan fatwa Dewan Syariah Nasional No.25/DSNMUI/III/2002 tentang Rahn mengenai mekanisme pelaksanaan lelang barang jaminan, yakni mengenai masa jatuh tempo, penjualan paksa/eksekusi terhadap marhun yang tidak dapat ditebus oleh rahin, hasil penjualan marhun maka mekanisme pelelangan barang jaminani di Pegadaian Syariah Purwokerto telah sesuai dengan ketentuan fatwa tersebut. Prinsip-prinsip ekonomi islam sudah diterapkan dengan baik oleh Pegadaian Syariah Purwokerto. Karena sudah ada unsur keseimbangan, keadilan dan kejujuran. Kata kunci : Implementasi, Lelang, Penetapan Harga, Barang Jaminan dan Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Lelang, Penetapan Harga, Barang Jaminan dan Ekonomi Islam. Implementasi, Lelang, Penetapan Harga, Barang Jaminan dan Ekonomi Islam. Implementasi, Lelang, Penetapan Harga, Barang Jaminan dan Ekonomi Islam. Implementasi, Lelang, Penetapan Harga, Barang Jaminan dan Ekonomi Islam.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Firdaus Amelia sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:28
Last Modified: 26 Jan 2024 08:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23459

Actions (login required)

View Item View Item