PENGARUH KEPRIBADIAN, KELUARGA, DAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT WIRAUSAHA PADA MASYARAKAT USIA PRODUKTIF BUMIAYU BREBES

Naufadhil Azhim, Azhim (2024) PENGARUH KEPRIBADIAN, KELUARGA, DAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT WIRAUSAHA PADA MASYARAKAT USIA PRODUKTIF BUMIAYU BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Naufadhil Azhim_Pengaruh Kepribadian, Keluarga, Dan Lingkungan Terhadap Minat Wirausaha Pada Masyarakat Usia Produktif Bumiayu Brebes.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Minat berwirausaha merupakan keyakinan yang diakui sendiri oleh seseorang untuk mendirikan usaha baru dan secara sadar berencana untuk melakukannya Minat seseorang untuk berwirausaha terbentuk karena berbagai pengaruh seperti kepribadian seseorang, hubungan keluarga, dan lingkungan. Dari segi dimensi pribadi, kewirausahaan mempertimbangkan ciri-ciri individu untuk menilai keberhasilan suatu usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai pengaruh kepribadian, keluarga, dan lingkungan terhadap minat wirausaha pada masyarakat usia produktif Bumiayau Brebes. Metode yang digunakan adalah metode kuesioner, sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat usia produktif di Bumiayu Brebes. Pendekatan analisis kuantitatif deskriptif berupa angka-angka yang digunakan adalah dengan analisis regresi linear berganda, yang diolah menggunakan program SPSS versi 16. Hasil dalam penelitian ini adalah pengaruh kepribadian berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat wirausaha, keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat wirausaha, sedangkan lingkungan mempunyai pengaruh negatif. Ada pengaruh secara simultan kepribadian, keluarga dan lingkungan terhadap minat wirausaha pada masyarakat usia produktif Bumiayu Brebes. Penulis memberikan saran untuk selalu berorientasi kemasa depan dan memiliki keyakinan yang tinggi untuk bisa bersaing dengan orang lain, menjadi wirausaha dapat meningkatkan perekonomian dan menambah lapangan pekerjaan baru. Untuk meraih pemahaman yang lebih mendalam peneliti berikutnya dapat memperluas dengan menerapkan metode penelitian yang berbeda, seperti mempertimbangkan penambahan variabel pendidikan dan modal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, Keluarga, Lingkungan, Minat Wirausaha
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Naufadhil Azhim sdr
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:33
Last Modified: 26 Jan 2024 08:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23445

Actions (login required)

View Item View Item