SEJARAH DAN PERKEMBANGAN ARSITEKTUR MASJID AGUNG NURUL KALAM DESA KEBONDALEM KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN 1965-2020

Puspita, Puspita (2024) SEJARAH DAN PERKEMBANGAN ARSITEKTUR MASJID AGUNG NURUL KALAM DESA KEBONDALEM KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN 1965-2020. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
PUSPITA_SEJARAH_DAN_PERKEMBANGAN_ARSITEKTUR_MASJID_AGUNG_NURUL_KALAM.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejarah dan perkembangan arsitektur yang terdapat pada bangunan Masjid Agung Nurul Kalam Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mendeskripsikan sejarah dan arsitektur dengan Masjid Agung Nurul Kalam sebagai objek penelitiannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah. Sumber yang digunakan berupa observasi dengan mendatangi langsung lokasi Masjid Nurul Kalam Pemalang, wawancara secara mendalam dengan narasumber terkait, dokumentasi serta menggunakan buku, jurnal, dan artikel yang relevan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan historis-arkeologi dan antropologi yang digunakan yaitu teori siklus oleh Ibnu Khaldun dan teori arsitektur oleh Virtuvius. Hasil dari penelitian ini membahas tentang sejarah Masjid Agung Nurul Kalam yang didirikan oleh Mbah Nur Kalam dan perkembangan arsitektur masjid mengalami pemugaran sebanyak empat kali dimulai dari tahun 1965 sampai 2020. Bentuk Masjid Agung Nurul Kalam mengalami perubahan yang cukup signifikan meliputi bagian atap, tiang, serambi, menara dan lain sebagainya. Selain itu, Masjid Agung Nurul Kalam adalah salah satu masjid terbesar di Kabupaten Pemalang dan menjadi Icon bagi masyarakat Pemalang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Masjid Agung Nurul Kalam, Sejarah, Arsitektur, Pemalang
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.5 Masjid
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.72 Arsitektur
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Puspita Puspita sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:21
Last Modified: 26 Jan 2024 08:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23443

Actions (login required)

View Item View Item