ANALISIS STRATEGI BUNDLING PRODUK PADA IB HASANAH CARD DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP KARANGKOBAR PURWOKERTO

Zenita, Alif (2024) ANALISIS STRATEGI BUNDLING PRODUK PADA IB HASANAH CARD DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP KARANGKOBAR PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ZENITA ALIF_Analisis Startegi Bundling Produk pada iB Hasanah Card Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif pada Bank Syariah Indonesia KCP Karangkobar Purwokerto.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kehadiran bank syari’ah Indonesia yang masih tergolong baru serta adanya perbedaan prinsip dengan perbankan konvensional menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi perkembangan dan pertumbuhan perbankan syari’ah tersebut. Upaya yang dilakukan perbankan dalam rangka membantu pemilihan instrumen pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat antara lain lembaga perbankan saat ini memberikan bebebarapa kemudahan fasilitas, yaitu fasilitas pemberian kredit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh dari teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data akan dianalisis meliputi tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Langkah terakhir data akan di uji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik Hasil penelitian strategi bundling produk IB Hasanah Card untuk meningkatkan keunggulan kompetitif. Dalam strategi bundling ini juga seringkali menawarkan keunggulan dari iB Hasanah card dengan cara door to door kepada yang sudah menjadi nasabah pembiayaan. Untuk menentukan harga dari bundling produk iB Hasanah card juga sudah termasuk ke jenis-jenis hasanah card yang meliputi, classic, platinum dan gold. Dari berbagai cara bundling produk tersebut yang paling meningkatkan keunggulan kompetitif BSI KCP Karangkobar Purwokerto yaitu dari segi kemenarikan dan penggabungan produk. Berdasarkan Keunggulan Kompetitif yang pertama dari kondisi faktoral seperti tenaga kerja terampil, infrastruktur dan teknologi yang memadai. Kedua, dari segi sifat permintaan domestic produk iB Hasanah card masih sedikit. Ketiga, Keberadaan bank terkait dan pendukung yang bekerjasama dengan BSI Sudirman 1. Keempat, strategi, struktur , dan persaingan pada yang menggunakan strategi bundling sangatlah efektif. Jadi, dapat disimpulkan keunggulan kompetitif sudah cukup baik, tetapi perlu dilakukan Upaya dengan cara mengupgrade strategi pemasaran yang akan dilakukan nantinya dengan tujuan agar nasabah semakin mudah mengetahui keunggulan dari produk iB Hasanah card ini dan marketing dapat mendatangi nasabah untuk memberikan informasi secara langsung. Kata Kunci : Strategi, Bundling, Kartu Kredit, Keunggulan Kompetitif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Bundling, Kartu Kredit, Keunggulan Kompetitif
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.2 Lembaga Perbankan Khusus
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Zenita Alif sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:14
Last Modified: 26 Jan 2024 08:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23439

Actions (login required)

View Item View Item