ANALISIS DAMPAK SERTIFIKASI HALAL DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA RUMAH POTONG AYAM DI KABUPATEN BANYUMAS

Nur, Septiani (2024) ANALISIS DAMPAK SERTIFIKASI HALAL DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA RUMAH POTONG AYAM DI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NUR SEPTIANI_ANALISIS DAMPAK SERTIFIKASI HALAL DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA RUMAH POTONG AYAM DI KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak sertifikasi halal dalam meningkatkan volume penjualan pada usaha rumah potong ayam di Kabupaten Banyumas. Sertifikasi halal merupakan aspek penting dalam industri makanan dan minuman, termasuk pada produk daging ayam potong. Rumah Ayam Potong menjadi salah satu produsen utama dalam peredaran dan penjualan daging ayam, oleh karena itu penting adanya penjaminan keamanan dan mutu halal pada RPA. Beberapa RPA di Kabupaten Banyumas sudah memperoleh sertifikasi halal sehingga produk daging ayamnya terjamin sesuai syari’at Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan teknik purposive yaitu pertimbangan dalam pemilihan informan yang dianggap mengetahui informasi terkait tema yang akan diteliti. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi di RPA Kabupaten Banyumas. Data dikumpulkan untuk mengidentifikasi proses sertifikasi pada rumah potong ayam, pangsa pasar sebelum dan sesudah mendapatkan sertifikat halal, dan dampak sertifikasi halal dalam meningkatkan volume penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 4 RPA yang telah memiliki sertifikat halal mengikuti proses sertifikasi halal dengan mempersiapkan dokumen yang diserahkan ke lembaga halal dan berbayar. Pangsa pasar sebelum sertifikat halal konsumen hanya di sekitar tempat usaha, dan setelah memiliki sertifikat halal konsumen meningkat hingga ke lintas kecamatan. Hasil analisis dampak sertifikasi halal dalam meningkatkan volume penjualan menunjukkan bahwa volume penjualan pada 4 RPA mengalami peningkatan namun belum signifikan karena sertifikat halal baru didapatkan 6 bulan yang lalu dan terdapat kendala di masyarakat yaitu kurangnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat akan pentingnya sertifikat halal pada produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi Halal, Volume Penjualan, Rumah Potong Ayam
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Septiani sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:08
Last Modified: 26 Jan 2024 08:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23437

Actions (login required)

View Item View Item