Peran Bank Keliling Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Masyarakat Pengguna Jasa Bank Keliling di Baruamba, Desa Adisana, Kecamatan Bumiayu, Brebes)

Wira, Larassati (2024) Peran Bank Keliling Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Masyarakat Pengguna Jasa Bank Keliling di Baruamba, Desa Adisana, Kecamatan Bumiayu, Brebes). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Wira Septi Larassati_Peran Bank Keliling Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Masyarakat Penggguna Jasa Bank Keliling di Baruamba, Desa Adisana, Kecamatan Bumiayu, Brebes).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kesejahteraan diukur melalui terpenuhinya kebutuhan pokok manusia, yang bervariasi sesuai dengan kondisi ekonomi dan metode perolehannya. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, banyak masyarakat yang mengandalkan peminjaman dana. Praktik bank keliling muncul sebagai solusi permasalahan perekonomian dengan proses peminjaman dana yang cukup mudah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang membuat masyarakat memutuskan menggunakan jasa bank keliling serta peran bank keliling terhadap kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan fokus pada pengguna jasa Bank Keliling di Dusun Baruamba. Subjek penelitian terdiri dari 20 informan yang merupakan pengguna jasa Bank Keliling. Metode pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan bank keliling belum dapat dikatakan berperan secara signifikan, karena bank keliling hanya berperan sebagai penyedia serta pemberi dana. Dilihat dari 20 narasumber, peran bank keliling terhadap kesejahteraan masyarakat hanya mampu mensejahterakan 7 narasumber saja dan 13 narasumber lainnya masih belum mampu dikatakan sejahtera. Sebab, peran bank keliling dapat dikatakan signifikan apabila mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat. Beberapa faktor yang membuat masyarakat dusun Baruamba menggunakan jasa bank keliling meliputi kemudahan prosedur dan persyaratan, akses cepat tanpa jaminan yang memberatkan, ketidakpastian penghasilan, dan kebutuhan hidup yang tidak terpenuhi. Bank keliling berperan signifikan pada pemenuhan kebutuhan material. Namun perannya terhadap kebutuhan spiritual, kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan dan pendapatan, pola konsumsi, perumahan dan lingkungan, serta kemiskinan belum dapat dikatakan berperan secara signifikan. Karena keberadaan bank keliling dapat membuat keresahan dalam hal pembayaran angsuran pinjaman yang menyebabkan penurunan penghasilan dan ketidakstabilan keadaan perekonomian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bank Keliling, Pinjaman, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.2 Lembaga Perbankan Khusus
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga Kredit dan Pinjaman
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Wira Septi Larassati sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:11
Last Modified: 26 Jan 2024 08:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23429

Actions (login required)

View Item View Item