STRATEGI KOMUNIKASI REPORTER KEBUMEN TV DALAM MENGGALI INFORMASI NARASUMBER PADA PROGRAM BERITA KEBUMEN

Mochammad, Ma'mun Muzakki (2024) STRATEGI KOMUNIKASI REPORTER KEBUMEN TV DALAM MENGGALI INFORMASI NARASUMBER PADA PROGRAM BERITA KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MOCHAMMAD MA'MUN MUZAKKI_STRATEGI KOMUNIKASI REPORTER KEBUMEN TV DALAM MENGGALI INFORMASI NARASUMBER PADA PROGRAM BERITA KEBUMEN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi, khususnya media massa seperti televisi, memainkan peran vital dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat. Kebumen TV adalah stasiun televisi lokal yang hadir untuk memberikan informasi dan menyebarkan berita kepada masyarakat di sekitar Kabupaten Kebumen. Berita Kebumen menjadi program unggulan yang berhasil memperoleh respon positif dari berbagai lapisan masyarakat. Meskipun demikian, reporter berita sering menghadapi kompleksitas dan tantangan dalam meliput berita, terutama saat berinteraksi dengan narasumber. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menggambarkan strategi komunikasi yang dilakukan oleh reporter Kebumen TV dalam menggali informasi dari narasumber. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dengan melibatkan Direktur umum dan reporter Kebumen TV. Teknik analisis datanya menggunakan teori strategi komunikasi menurut Anwar Arifin yang meliputi strategi penyusunan pesan, strategi memilih dan menetapkan komunikator, strategi penentuan konteks fisik, dan strategi pencapaian efek. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang digunakan oleh reporter Kebumen TV meliputi strategi pra liputan, pelaksanaan liputan dan pasca liputan. Dari proses strategi-strategi yang digunakan tersebut, bisa disimpulkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh reporter Kebumen TV dalam menghasilkan berita sangat sesuai dengan strategi komunikasi menurut Anwar Arifin yang meliputi strategi penyusunan pesan, strategi memilih dan menetapkan komunikator, strategi penetapan konteks fisik, dan strategi pencapaian efek. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Reporter, Kebumen TV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Reporter, Kebumen TV
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mochammad Ma'mun Muzakki sdr
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:13
Last Modified: 26 Jan 2024 08:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23428

Actions (login required)

View Item View Item