PENGARUH PERSEPSI KARIR, MEDIA SOSIAL, DAN PENGETAHUAN EKONOMI PERTANIAN TERHADAP MINAT GENERASI MUDA MENJADI PRAKTISI DI SEKTOR EKONOMI PERTANIAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO)

Muhamad, Faizal Pradana (2024) PENGARUH PERSEPSI KARIR, MEDIA SOSIAL, DAN PENGETAHUAN EKONOMI PERTANIAN TERHADAP MINAT GENERASI MUDA MENJADI PRAKTISI DI SEKTOR EKONOMI PERTANIAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muhamad Faizal Pradana - Pengaruh Persepsi karir, Media Sosial, dan Pengetahuan Ekonomi Pertanian Terhadap Minat Generasi Muda Menjadi Praktisi Di Sektor Ekonomi Pertanian (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi S.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Sektor ekonomi Pertanian merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam kenaikan kesejahteraan masyarakat di indonesia. Akan tetapi dari fenomena yang ada saat ini jumlah petani pada generasi muda terus menjadi menyusut, sebaliknya, jumlah petani tua semakin melonjak. Penurunan jumlah petani tersebut didukung erat dengan persepsi umum tentang pertanian yang kurang diminati oleh kalangan anak muda karena terbilang jadul dan tidak memberikan hasil. Hal utama yang menjadi fokus pembahasan yaitu dalam hal meregenerasi serta mengembangkan sektor pertanian tersebut dengan cara menarik minat generasi muda sebagai praktisi atau tenaga kerja untuk masuk ke dalam sektor ekonomi pertanian agar sektor ekonomi pertanian terus berlanjut dan dapat berkembang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh persepsi karir, media sosial, serta pengetahuan terhadap minat menjadi praktisi di sektor ekonomi pertanian pada mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasinya adalah mahasiswa ekonomi syariah tahun ajaran 2022-2023 dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 93 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi (R2). Variabel independen penelitian ini yaitu persepsi karir, media sosial, serta Pengetahuan dan variabel dependen minat mahasiswa menjadi praktisi di sektor ekonomi pertanian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial persepsi karir, media sosial, serta pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi praktisi di sektor ekonomi pertanian. Pengujian yang dilakukan secara simultan menunjukkan bahwa persepsi karir, media sosial, serta pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi praktisi di sektor ekonomi pertanian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Karir, media sosial, pengetahuan, minat.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhamad Faizal Pradana sdr
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:26
Last Modified: 26 Jan 2024 08:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23424

Actions (login required)

View Item View Item