MANAJEMEN STRATEGI FUNDRAISING LEMBAGA AMIL ZAKAT DALAM MENINGKATKAN DANA ZAKAT INFAQ SHADAQAH (STUDI DESKRIPTIF DI LAZISMU BANYUMAS)

Sidik, Rohiwan (2024) MANAJEMEN STRATEGI FUNDRAISING LEMBAGA AMIL ZAKAT DALAM MENINGKATKAN DANA ZAKAT INFAQ SHADAQAH (STUDI DESKRIPTIF DI LAZISMU BANYUMAS). Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sidik Rohiwan_MANAJEMEN STRATEGI FUNDRAISING LEMBAGA AMIL ZAKAT DALAM MENINGKATKAN DANA ZAKAT INFAQ SHADAQAH (Studi Deskriptif Di Lazismu Banyumas).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Lazismu Banyumas merupakan lembaga amil zakat infaq shadaqah Muhammadiyah. Meskipun baru di resmikan tahun 2010, Lazismu Banyumas telah memberikan kontribusi yang nyata untuk masyarakat lewat bermacam - macam program seperti pendistribusian, pendayagunaan serta penghimpunan dana dari umat. Kesadaran umat Islam untuk membayar zakat yang masih rendah menyebabkan perlu adanya manajemen strategi fundraising yang tepat dalam pengelolaannya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti implementasi manajemen strategi fundraising di Lazismu Banyumas dan menganalisis lingkungan strategik manajemen strategi fundraising di Lazismu Banyumas dalam meningkatkan dana zakat infaq shadaqah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisa data menggunkan teknik analisis data model Miles & Huberman yang dilakukan dengan beberapa tahap yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen strategi fundraising di Lazismu Banyumas terdiri dari tiga proses yaitu : perumusan strategi, penerapan strategi dan evaluasi strategi, dengan adanya penerapan manajemen strategi fundraising di Lazismu Banyumas mulai dari perumusan, penerapan dan evaluasi strategi yang dilakukan pada bagian fundraising terdapat peningkatan jumlah penerimaan dana zakat, infaq dan shadaqah serta penambahan jumlah muzakki. Serta dari analisis lingkungan strategik manajemen strategi Lazismu Banyumas dapat diketahui kekuatan (strengths), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threats). Lazismu Banyumas memiliki kelemahan berupa penghimpunan zakat masih rendah dan amil profesional belum merata. Dengan memaksimalkan kekuatan dari sisi internal dan peluang dari sisi eksternal serta memanfaatkan potensi zakat yang besar, maka Lazismu Banyumas dapat menjadi lembaga yang dapat dipercaya masyarakat. Kata Kunci : Manajemen Strategi, Fundraising, Lembaga Amil Zakat, ZIS.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Fundraising, Lembaga Amil Zakat, ZIS.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah
Depositing User: SIDIK ROHIWAN sdr
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:15
Last Modified: 26 Jan 2024 08:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23419

Actions (login required)

View Item View Item