PERAN KELOMPOK DASAWISMA DALAM MENJAGA KETAHANAN KELUARGA (STUDI KASUS DI DESA LIMBANGAN KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2023)

MUJI, PRASETYO (2024) PERAN KELOMPOK DASAWISMA DALAM MENJAGA KETAHANAN KELUARGA (STUDI KASUS DI DESA LIMBANGAN KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2023). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MUJI PRASETYO_PERAN KELOMPOK DASAWISMA (STUDI KASUS DI DESA LIMBANGAN KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2023).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sampai sekarang ini perceraian menjadi fenomena yang dipertanyakan oleh banyak orang tentang penyebabnya dan cara meminimalisir terjadinya perceraian itu sendiri. Dengan adanya faktor yang menyebabkan perceraian maka sebuah keluarga diharuskan mampu membangun ketahanan keluarga yang baik dan kuat agar terciptanya kemampuan sebuah keluarga untuk menghadapi problematika dan tantangan perkembangan zaman. Salah satu lembaga yang ada di dalam Pemerintah Desa yaitu PKK memiliki kelompok Dasawisma yang melaksanakan program yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan yang dimiliki oleh kelompok Dasawisma dan faktor apa saja yang mempengaruhi ketahanan keluarga pada masyarakat di Desa Limbangan Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga. Penelitian yang penulis lakukan adalah jenis penelitian empiris atau lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah 10 keluarga kelompok Dasawisma yang ada di 10 RW Desa Limbangan Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga. Kemudian untuk data sekunder diperoleh secara tidak langsung atau dari pihak lain, data ini didapatkan dari dokumen yang ada di Desa. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menghasilkan bahwa kelompok Dasawisma memiliki peranan di bidang keagamaan, ekonomi, sosial dan budaya. Dari beberapa bidang tersebut peranan kelompok Dasawisma dapat menguatkan ketahanan keluarga masyarakat kelompok Dasawisma di Desa Limbangan, hal ini dilihat juga dari angka perceraian di Desa Limbangan yang menurun. Selain itu faktor yang mempengaruhi ketahanan keluarga pada masing-masing keluarga ada pada konsep ketahanan keluarga seperti komunikasi yang baik, keterbukaan, bangunan kepercayaan yang kokoh, pengelolaan keuangan, anggota keluarga membantu perekonomian keluarga, keuletan mencari nafkah dan selalu bersyukur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Kelompok Dasawisma, Ketahanan Keluarga
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Muji Prasetyo sdr
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:55
Last Modified: 26 Jan 2024 07:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23405

Actions (login required)

View Item View Item