PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI MA’ARIF NU PASUNGGINGAN KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA

Fitriana, Fitriana (2024) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI MA’ARIF NU PASUNGGINGAN KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FITRIANA_PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI MA'ARIF NU PASUNGGINGAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh antara kondisi sodial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa di MI Ma’arif NU Pasunggingan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa di MI Ma’arif NU Pasunggingan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. Dimana jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 73 responden. Metode Pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode : angket, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian ini adalah di MI Ma’arif NU Pasunggingan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. Objek penelitian ini yaitu kondisi sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 73 keluarga siswa yang terdiri dari kelas III, IV, dan V. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi sosial ekonomi orang tua tidak memberi pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil kesimpulan bahwa prestasi belajar siswa itu tidak di pengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa, atau bisa dikatakan pengaruhnya sangat kecil yaitu hanya sebesar 3,6%. Hal tersebut kemungkinan disebabkan oleh faktor lain yaitu sebesar 96,4%. Kata Kunci: Kondisi sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kondisi sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar siswa.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.5 General Publications of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitriana Fitriana sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:52
Last Modified: 26 Jan 2024 07:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23396

Actions (login required)

View Item View Item