SISTEM BERAGAMA PADA KELUARGA ISLAM DAN KRISTEN DI DESA BANJARPANEPEN KECAMATAN SUMPUIH KABUPATEN BANYUMAS

Muhammad, Daffa Rizqullah Dwi Putra (2024) SISTEM BERAGAMA PADA KELUARGA ISLAM DAN KRISTEN DI DESA BANJARPANEPEN KECAMATAN SUMPUIH KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Muhammad Daffa Rizqullah Dwi Putra-Sistem Beragama pada Keluarga Islam dan Kristen di Desa Banjarpanepen Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari danya penulisan ini adalah untuk mengkaji pandangan-pandangan sekaligus pernyataan-pernyataan yang bersumber dari informan penelitian tentang sistem beragama dan peran orang tua dalam sebuah keluarga. Dalam penulisan ini, penulis mengkhususkan hanya kepada keluarga yang beragama Islam dan Kristen, yaitu dengan fokus subjek keluarga Islam dan Kristen yang ada di desa Banjarpanepen, kecamatan Sumpiuh, kabupaten Banyumas. Berlatar belakang dari adanya desa Banjarpanepen yang memang memiliki agama berbeda-beda didalamnya, penulis merasakan bahwa penelitian ini sangat relevan jika dilaksanakan melihat bahwa secara nyata terdapat agama yang berbeda dalam sebuah desa. Dengan bermodal metode penelitian kualitatif dan teori sistem Niklas Luhman, penulis mencoba untuk menganalisis pandangan-pandangan sekaligus pernyataan-pernyataan yang bersumber dari informan penelitian tentang sistem beragama dan peran orang tua dalam sebuah keluarga yang memiliki berbagai macam latar belakang. Adapun hasil dari penulisan ini adalah berupa kajian tentang sistem beragama dan peran orang tua dalam sebuah keluarga, khususnya dalam menentukan agama seorang anak sejak kecil, meliputi proses pendidikan, pembiasaan, tujuan keluarga, pola asuh dan lain sebagainya. Juga dalam penulisan ini dihasilkan berbagai pandangan dari keluarga Islam dan Kristen yang terakumulasi dalam satu kajian pembahasan berupa tanggapan dari adanya pertanyaan berupa bagaimana sistem beragama dan peran orang tua dalam sebuah keluarga, utamanya pada penetapan/penentuan agama seorang anak. Selanjutnya tanggapan-tanggapan tersebut kemudian dianalisis berdasar dengan fungsi-fungsi sesuai yang dijelaskan dalam teori sistem Niklas Luhman, meliputi; komunikasi, evolusi dan diferensiasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Islam, Kristen, Sistem Beragama, dan Teori Sistem.
Subjects: 200 Religion > 207 Education, research in Christianity
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Studi Agama - Agama
Depositing User: Muhammad Rizqullah Dwi Putra sdr
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:42
Last Modified: 26 Jan 2024 07:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23395

Actions (login required)

View Item View Item