Pengaruh Model Pembelajaran Quick On The Draw Berbasis Filosofi Jawa Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbang Kabupaten Banyumas

lilis, Yusmara (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Quick On The Draw Berbasis Filosofi Jawa Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbang Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_LILIS YUSMARA_1817407018.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Abstrak : Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbang. Kemampuan koneksi matematis adalah kemampuan untuk mengkaitkan konsep atau aturan matematika yang satu dengan yang lain, dengan bidang studi lain atau dengan aplikasi pada dunia nyata. Kemampuan koneksi matematis siswa dipengaruhi oleh pengetahuan prasyarat dan pengetahuan pada mata pelajaran lain. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa maka peneliti di sini menggunakan model pembelajaran quick on the draw berbasis filosofi Jawa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran quick on the draw berbasis filosofi Jawa terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbang. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan Quasi Eksperimen Design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbang yang berjumlah 250 siswa. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan cara undian untuk menentukan kelas mana yang akan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga diperoleh sampel dari penelitian ini adalah VIII G dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 35 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes untuk mengukur kemampuan koneksi matematis siswa. Dari nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen kemudian dicarai nilai N-Gain dan diperoleh hasil bahwa rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen adalah sebesar 0.62 yang masuk pada kategori sedang sedangkan dari nilai pretest dan posttest kelas kontrol kemudian dicari nilai N-Gain pada kelas kontrol adalah sebesar 0.50 yang masuk pada kategori sedang. Hasil uji t dalam penelitian ini diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata N-Gain antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dapat disimpulkan model pembelajaran quick on the draw berbasis filosofi Jawa berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbang. Kata Kunci: Filosofi Jawa, Kemampuan Koneksi Matematis, dan Model Pembelajaran Quick On The Draw.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Lilis Yusmara sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:35
Last Modified: 26 Jan 2024 07:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23394

Actions (login required)

View Item View Item