SELF-EFFICACY IBU HAMIL DALAM MENCEGAH BABY BLUES SYNDROME (STUDI KASUS DI DESA BANJARANYAR KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS)

Lia Nur, Janah (2024) SELF-EFFICACY IBU HAMIL DALAM MENCEGAH BABY BLUES SYNDROME (STUDI KASUS DI DESA BANJARANYAR KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Syaifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Lia Nur Jannah _ Self-Efficacy Ibu Hamil dalam Mencegah Baby Blues Syndrome (Studi Kasus di Desa Banjaranyar Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Baby blues syndrome merupakan gangguan efek ringan yaitu perasaan resah, kacau, gundah dan sedih yang tidak mendasar yang terjadi pada dua minggu pasca ibu melahirkan. Self-efficacy merupakan keyakinan ibu terhadap kemampuan dirinya dalam melakukan peran baru sebagai seorang ibu secara kompeten dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses self-efficacy ibu hamil dalam mencegah baby blues syndrome di Desal Balnjalralnyalr Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif, pada saat proses pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini yaitu self-efficacy pada ibu hamil dalam mencegah baby blues syndrome. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari empat ibu hamil. Hasil dari penelitian ini menunjukkan self-efficacy berpengaruh terhadap kesiapan selama kehamilan dan menjelang persalinan. Self efficacy yang tinggi akan mampu mengurangi potensi munculnya baby blues syndrome.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self-efficacy, Baby Blues Syndrome, Ibu Hamil
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Lia Nur Janah sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:54
Last Modified: 26 Jan 2024 07:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23391

Actions (login required)

View Item View Item