DAKWAH DAN KEARIFAN LOKAL (STUDI FENOMENOLOGI TRADISI TAKIRAN PADA PERAYAAN SYURAN DESA KARANGSARI KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS)

Ahmad Mufaqih, Ulumul Ashfia (2024) DAKWAH DAN KEARIFAN LOKAL (STUDI FENOMENOLOGI TRADISI TAKIRAN PADA PERAYAAN SYURAN DESA KARANGSARI KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
AHMAD MUFAQIH ULUMUL ASHFIA_DAKWAH DAN KEARIFAN LOKAL (STUDI FENOMENOLOGI TRADISI TAKIRAN PADA PERAYAAN SYURAN DESA KARANGSARI KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tradisi takiran adalah salah satu dari berbagai tradisi di Kabupaten Banyumas, khususnya di Desa Karangsari Kecamatan Kebasen. Tradisi Takiran di Desa Karangsari merupakan salah satu tradisi khas, dimana dilaksanakan dibulan Sura (Muharrom) berbeda dengan tempat lain yang biasanya dilaksanakan pada bulan Maulud. Mayarakat Desa Karangsari menganggap bulan Sura merupakan bulan yang sakral (bulannya makhluk ghaib) terdapat banyak pantangan. Oleh karena itu diadakannya Tradisi Takiran yang diharapkan agar terhindar dari segala mara bahaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Yaitu Pendekatan yang dimulai oleh Edmund Husserl dan dikembangkan oleh Martin Heidegger untuk memahami atau mempelajari pengalaman hidup manusia. Tradisi takiran di desa Karangsari bertujuan untuk memperingati bulan Sura sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas rezeki yang diberikan serta tolak bala karena diyakini bulan Sura adalah bulan yang sakral. Pelaksanaan tradisi takiran di desa Karangsari mengandung pesan Dakwah yang seperti pesan aqidah, pesan ibadah, dan pesan sosial. Kearifan lokal tradisi takiran merupakan peninggalan nenek moyang dan ajang tahunan yang ditunggu, karena masyarakat mendapat banyak pelajaran tentang arti kerjasama, gotong royong, guyub rukun hidup berdampingan, saling berbagi, belajar, dan berharap ridho pahala yang mengalir dengan menjalin silaturrahmi antar sesama bahkan antar umat di Desa Karangsari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tradisi takiran, sura, fenomenologi, kearifan lokal
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ahmad Mufaqih Ulumul Ashfia sdr
Date Deposited: 26 Jan 2024 06:56
Last Modified: 26 Jan 2024 06:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23390

Actions (login required)

View Item View Item