PERAN PENYULUH AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KEAGAMAAN REMAJA (Studi pada Anggota IPNU-IPPNU di Desa Watuagung Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas)

Lilis, Komariah (2024) PERAN PENYULUH AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KEAGAMAAN REMAJA (Studi pada Anggota IPNU-IPPNU di Desa Watuagung Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img] Text
LILIS KOMARIAH_PERAN PENYULUH AGAMA ISLAM FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan penyuluh agama Islam dalam membina keagamaan remaja IPNU-IPPNU di Desa Watuagung Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas, beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan tahapan reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Peneliti juga melakukan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa peran penyuluh agama Islam dalam membina keagamaan remaja yang juga anggota dan pengurus IPNU-IPPNU di Desa Watuagung, sebagai seorang pembimbing dan penasehat bagi masyarakat, sangat berperan penting dalam menjaga lingkungan masyarakat agar tidak ada penyimpangan-penyimpangan yang terjadi. Penyuluh agama berperan sebagai motivator, panutan/teladan yang dicontoh oleh remaja. Ini merupakan bagian terpenting dalam menumbuhkan semangat dan motivasi kepada remaja. Upaya penyuluh agama Islam dalam membina keagamaan remaja IPNU IPPNU di Desa Watuagung, selain dalam kegiatan kaderisasi, juga dilakukan dengan beberapa kegiatan, seperti membiasakan dengan kehidupan yang agamis, pengajian rutin mingguan dan bulanan, pemberantasan buta huruf al-Qur’an, dan sosialisasi tentang bahaya narkoba. Faktor pendukung dan penghambat dalam membina keagamaan remaja IPNU-IPPNU di Desa Watuagung terdiri dari dua faktor, yakni faktor lingkungan keluarga dan komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Penyuluh Agama Islam, Pembinaan Keagamaan, Remaja, IPNU-IPPNU
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.63 Organisasi Kepemudaan dan Kemahasiswaan
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Liliss Komariah sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:31
Last Modified: 01 Feb 2024 02:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23389

Actions (login required)

View Item View Item