ANALISIS KEPERCAYAAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN LAYANAN BRILINK DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN EKONOMI DESA (STUDI KASUS DESA JATISARI KECAMATAN KEDUNGREJA KABUPATEN CILACAP)

ZUHRUL, ANAM (2024) ANALISIS KEPERCAYAAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN LAYANAN BRILINK DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN EKONOMI DESA (STUDI KASUS DESA JATISARI KECAMATAN KEDUNGREJA KABUPATEN CILACAP). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Zuhrul Anam_Analisis Kepercayaan Menggunakan Layanan BRILink Dalam Meningkatkan Kegiatan Ekonomi Desa (Studi Kasus Desa Jatisari Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin maju membuat teknologi turut berkembang pula sangat cepat membuat lembaga keuangan bank berlomba agar tetap maju. Pelaku lembaga keuangan memanfaatkan teknologi tersebut untuk mengembangkan produk melalui inovasi sebuah layanan. Bank Rakyat Indonesia memiliki banyak layanan dalam menunjang operasional salah satunya, yaitu layanan BRILink yang banyak digunakan masyarakat khususnya Desa Jatisari Cilacap dikarenakan memudahkan pengguna dalam melakukan kegiatan transaksi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang dilakukan bersama informan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis data deskriptif. Sumber data dari penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder yang didapatkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, website, literatur jurnal dan buku guna untuk mendapatkan informasi dan bukti dalam proses penelitian. Hasil penelitian ini yakni kepercayaan masyarakat menggunakan layanan BRILink sangat baik masyarakat nasabah sangat percaya terhadap layanan BRILink yang ada didesa karena layanan tersebut sudah lama berdiri dan sudah terjamin kepercayaanya. Penggunaan BRILink di Desa Jatisari Cilacap sangat membatu dalam meningkatkan kegiatan ekonomi desa yaitu salah satunya kegiatan konsumtif yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Ada beberapa kendala yang dijumpai pada saat menggunakan BRILink diantranya; 1. Sinyal yang tidak stabil; 2. Harus mencari tempat yang strategis pada saat transaksi berlangsung; 3. Banyaknya modal yang harus dikumpulkan. Dari beberapa kendala yang dialami para agen dan masyarakat tertutupi dengan manfaat yang diberikan oleh BRILink tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Masyarakat, Layanan BRILink, Kegiatan Ekonomi Desa, Desa Jatisari Cilacap.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Zuhrul Anam sdr
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:16
Last Modified: 26 Jan 2024 07:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23383

Actions (login required)

View Item View Item