PERAN GURU PAI DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) SISWA SMAN 2 PURWOKERTO

Helmi Salma, Labibah (2024) PERAN GURU PAI DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) SISWA SMAN 2 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Helmi Salma Labibah-Peran Guru PAI dalam Menumbuhkembangkan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Siswa SMAN 2 Purwokerto.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya remaja masa kini dalam era globalisasi yang terdistrak perkembangan zaman sehingga mengkikis perkembangan emosional dan spiritualitas mereka sehingga menjadi generasi yang tergradasi moral, padahal para pemuda adalah tonggak peradaban bangsa. Selain terkena imbas globalisasi, efek zonasi juga mempengaruhi perkembangan emosional dan spiritual siswa membuat siswa menjadi lebih heterogen. Peran guru PAI disinilah menjadi elemen penting untuk menyelamatkan generasi muda sebagai tonggak peradaban bangsa melalui peran dan langkah-langkahnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, peserta didik, dan guru BK. Penelitian ini dilakukan pada guru PAI dalam setiap jenjang yaitu Guru PAI kelas X, Guru PAI kelas XI, dan Guru PAI kelas XII yang berjumlah 3 orang lalu siswa-siswi dari masing-masing setiap angkatan, dan guru BK. Hasil penelitian menunjukan guru PAI menjadi educator yang tercermin dalam KBM dikelas, sebagai motivator yang selalu memotivasi siswa sebelum dan sesudah pembelajarn, sebagai inovator yang menggunakan inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran, menjadi supervisor yang membimbing siswa dengan menginternalisasi makna ayat Al Quran, menjadi role model dan menjadi leader dengan memberi kekebasan tanggung jawab pada siswa melalui program-program kerohanian SMAN 2 Purwokerto. Selain melalui perannya, guru PAI di SMAN 2 Purwokerto pun memiliki langkah-langkah yang diterapkan di SMAN 2 Purwokerto yaitu seperti membuat kegiatan kerohanian yang meliputi kegiatan keputrian, sholat dhuhur dan asar berjamaah. Langkah kedua yang diterapkan guru PAI dalam menumbuhkembangkan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) dengan berkolaborasi bersama Rohani Islam Exist SMAN 2 Purwokerto dengan melaksanakan berbagai macam kegiatan seperti keputrian, PSP (Pengajian Sabtu Pagi), dan ILP (Islamic Leader Project). Adapun langkah ketiga yang ditempuh guru PAI dalam menumbuhkembangkan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) di SMAN 2 Purwokerto yaitu dengan berkolaborasi bersama Kesiswaan dan Guru BK (Bimbingan Konseling).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Emotional Spiritual Quotient Peran Guru PAI, Pertumbuhkembangan ESQ
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Helmi Salma Labibah sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:14
Last Modified: 26 Jan 2024 07:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23378

Actions (login required)

View Item View Item