KOMPARASI METODE GASING DAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV

Ani, Latifatunnisa (2024) KOMPARASI METODE GASING DAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ani Latifatunnisa_Komparasi Metode Gasing dan Konvensional Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komparasi dan tingkat keberhasilan hasil belajar matematika kelas IV menggunakan metode gasing dan konvensional di MI Ma’arif NU Banteran. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis studi lapangan dengan metode quasi eksperimen. Populasi yang digunakan meliputi siswa kelas IV MI ma’arif NU Banteran yang berjumlah 78 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IV A dengan jumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji Wilcoxon, dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil analisis data dapat dilihat dari uji Wilcoxon, ditemukan perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen (gasing) dan kelas kontrol (konvensional) diperoleh positive Ranks dengan nilai N 25 artinya seluruh sampel tersebut mengalami peingkatan hasil belajar dari pretest ke posttest. Mean Ranks sebesar 25,50 dan diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-taled) sebesar 0,000. Nilai Asymp. Sig tersebut kurang dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Kata Kunci: Gasing, Konvensional, Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ani Latifatunnisa sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:53
Last Modified: 26 Jan 2024 03:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23373

Actions (login required)

View Item View Item