NILAI - NILAI DAKWAH DALAM STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ROTI JAHE DI PABRIK ROTI JAHE SARI BANYUMAS

Aminati, Azrika Humeda (2024) NILAI - NILAI DAKWAH DALAM STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ROTI JAHE DI PABRIK ROTI JAHE SARI BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Aminati Azrika Humeda_Nilai-Nilai Dakwah Dalam Strategi Komunikasi Pemasaran Roti Jahe di Pabrik Roti Jahe Sari Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya nilai-nilai dakwah dalam strategi komunikasi pemasaran sebab persaingan bisnis di Indonesia sangatlah ketat dan mempunyai strateginya masing-masing. Sebagai pengusaha muslim hendaknya mempunyai strategi komunikasi pemasaran yang di dalamnya mengusung nuansa Islami untuk menyampaikan nilai-nilai dakwah dalam rangka nilai-nilai tersebut dapat dilakukan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dan tetap pada jalan Allah SWT. Hal tersebut sudah dicontohkan oleh pabrik roti jahe Sari di Banyumas dalam melakukan usahanya mengusung nilai-nilai dakwah. Nilai-nilai dakwah tersebut selain bermanfaat untuk meningkatkan spiritualitas juga sangat berpengaruh terhadap strategi komunikasi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan tujuan menjelaskan kebenaran yang telah dianalisis secara urut, dapat dipercaya, dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Untuk mendapatkan sebuah data digunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Terdapat beberapa konsep yang diluaskan oleh Neil Border kemudian di ekspansi lebih luas lagi oleh Philip Kotler yang digunakan sebagai alat pemasaran yang digunakan perusahaan dengan harapan dapat memberikan keuntungan atau tercapainya suatu tujuan dikenal dengan istilah 5P, yaitu product, price, place, promotion, and people. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan nilai-nilai dakwah yang dijalankan berupa menjual produk halal, menjual dengan harga terjangkau, jujur dalam melakukan promosi, menggunakan caption motivasi dan Islami pada promosinya, mengadakan kegiatan pembacaan Al barzanji, dan adanya kegiatan kajian dan arisan rutin setiap bulan. Kemudian strategi komunikasi pemasaran roti jahe di pabrik roti jahe Sari Banyumas menggunakan bauran pemasaran 5P dengan strategi tersebut maka akan membantu untuk memahami dan menjangkau pasar dari bisnis rumahan secara efektif. Kata Kunci : Nilai-Nilai Dakwah, Komunikasi Pemasaran, Pabrik Roti Jahe Sari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Nilai Dakwah, Komunikasi Pemasaran, Pabrik Roti Jahe Sari
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: AMINATI AZRIKA HUMEDA sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 06:40
Last Modified: 26 Jan 2024 06:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23368

Actions (login required)

View Item View Item