PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI SMK DIPENGORO 3 KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Eka Nur, Oktavianingrum (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI SMK DIPENGORO 3 KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Eka Nur Oktavianingrum_Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI SMK Diponegoro 3 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMK Diponegoro 3 Kedungbanteng. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu pretest-posttest control group design. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI-AK-1 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang akan diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang berjumlah 32 siswa dan kelas XI- AK-2 sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI SMK Diponegoro 3 Kedungbanteng. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata skor N-Gain yang didapatkan oleh siswa kelas eksperimen yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan rata-rata 0,77 yang berada pada kategori tinggi. Sedangkan rata-rata skor N-Gain yang didapatkan oleh siswa di kelas kontrol adalah 0,33 yang berada pada kategori sedang. Sehingga dengan skor rata – rata kedua kelas menunjukan bahwa kelas eksperimen memiliki skor yang lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: EKA NUR OKTAVIANINGRUM sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:04
Last Modified: 26 Jan 2024 02:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23354

Actions (login required)

View Item View Item