STRATEGI KOMUNIKASI PENGASUH PESANTREN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA SANTRI (STUDY KASUS PONDOK PESANTREN AL FALAH RAWALO DESA BANJARPARAKAN KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS)

Nasihudin, Nasihudin (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PENGASUH PESANTREN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA SANTRI (STUDY KASUS PONDOK PESANTREN AL FALAH RAWALO DESA BANJARPARAKAN KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img] Text
Nasihudin_Strategi Komunikasi Pengasuh Pesantren Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Santri (Study Kasus Pondok Pesantren Al Falah Rawalo Desa Banjarparakan Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Moderasi beragama adalah sikap tengah dalam memahami ajaran agama. Dalam Islam, konsep moderasi ini sering dipadamkan dengan istilah Islam wasathiyah. Moderasi dipahami sebagai cara pandang, sikap, dan perilaku selalu mengambil posisi di tengah-tengah, selalu bertindak adil, dan tidak ekstrem dalam beragama. Pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan tertua di Indonesia berfungsi sebagai leading sector dalam pelaksanaan dan penguatan moderasi beragama. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui strategi komunikasi yang dipakai pengasuh pesantren dalam menanamkan nilai-nilai moderasai beragama pada santri di Pondok Pesantren Al Falah Rawalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research), dengan pendekatan penelitian kualitatif. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah, Bagaimana strategi komunikasi yang dijalankan pengasuh Pondok Pesantren Al Falah?, Apa saja nilai - nilai Islam moderat yang menjadi fokus dalam moderasi beragama?, Tujuan penelitian ini adalah Mendiskripsikan strategi komunikasi yang dibangun pengasuh untuk menanamkan nilai – nilai islam moderat di Pondok Pesantren Al Falah, Mendiskripsikan nilai - nilai moderasai beragama yang menjadi fokus pengembangan oleh Pondok Pesantren Al Falah. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan datap deskriptif baik berupa tulisan maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa Strategi yang dilakukan pengasuh Pondok Pesantren Al Falah dalam menanamkan nilai-nilai Islam moderat adalah Mengenal Komunikan, Menentukan Pesan, Menentukan Metode, Nilai–nilai moderasi Bergama yang di kembangkan beragama meliputi KOmitmen Kebangsaan, Toleransi, Anti Radikalisme dan Kekerasan, dan Akomodatif terhadap Budaya Lokal yang dalam prinsipnya moderasi beragama mengajarkan nilai–nilai islam yang Tawassuth (mengambil jalan tengah), Tawazun (berkeseimbungan), I'tidal (lurus dan tegas), Tasamuh (toleransi), Musawah (Egaliter), dan Syura (musyawarah) .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Madrasah Aliyah, Nilai-Nilai Keagamaan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: NASIHUDIN NASIHUDIN sdr
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:06
Last Modified: 01 Feb 2024 03:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23352

Actions (login required)

View Item View Item