PENYESUAIAN DIRI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM INTERAKSI SOSIAL DI SEKOLAH MI SALAFIYAH KEBARONGAN

INTAN, FITROTUNNISA (2024) PENYESUAIAN DIRI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM INTERAKSI SOSIAL DI SEKOLAH MI SALAFIYAH KEBARONGAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
INTAN FITROTUNNISA_PENYESUAIAN DIRI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM INTERAKSI SOSIAL DI SEKOLAH MI SALAFIYAH KEBARONGAN.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus menyesuaikan dirinya dalam berinteraksi di lingkungan sekolah inklusi bersama anak reguler merupakan proses adaptasi. Kekurangan yang dimiliki anak berkebutuhan khusus menjadi hambatan untuk berkomunikasi dan besosialisasi, karena adanya perasaan tidak percaya diri yang menyebabkan anak abk terkadang cenderung menutup diri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penyesuaian diri dan interaksi pada anak berkebutuhan khusus di sekolah MI Salafiyah Kebarongan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif, subjek penelitian 6 anak berkebutuhan khusus dengan teknik pengumpulan data observasi, hasil wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu terlihat pada aspek kematangan emosional, intelektual, sosial dan tanggung jawab. Bentuk penyesuaian diri ke enam subjek yaitu empat diantaranya menyesuaikan diri dengan baik Well-Adjusment sementara 2 abk lainnya masih kurang baik Mal-Adjusment dalam menyesuaikan dirinya di lingkungan sekolah. Adapun faktor interaksi sosial yaitu imitasi, sugesti, identifikasi serta simpati. Sementara itu, selain faktor pada dirinya sendiri, yaitu faktor keluarga, teman dan lingkungan sangat diperlukan untuk anak berkebutuhan khusus dapat melakukan penyesuaian diri dan interaksi sosial dengan baik. Dengan begitu, dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya, termasuk dalam mengendalikan diri dan membuka diri/ membaur merupakan bentuk penyesuaian diri adaptive. Sementara itu, yang bersifat adjuctive yaitu dengan menyesuaikan diri dengan norma, maksudnya mengikuti aturan-aturan tata tertib sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian Diri, Anak Berkebutuhan Khusus, Interaksi Sosial
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Intan Fitrotunnisa
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:51
Last Modified: 26 Jan 2024 02:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23342

Actions (login required)

View Item View Item