PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBANGUN SIKAP KRITIS SISWA DI SMP NEGERI 2 GANDRUNGMANGU CILACAP

Lisna, Sholihah (2024) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBANGUN SIKAP KRITIS SISWA DI SMP NEGERI 2 GANDRUNGMANGU CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LISNA SHOLIHAH 1917402208_084518.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memperkenalkan Kurikulum Merdeka Belajar sebagai inisiatif baru untuk meningkatkan taraf pendidikan di Indonesia. Kurikulum lama diperbaiki dengan kurikulum Merdeka Belajar. Selama ini pendidikan karakter hanya menjadi fokus pembelajaran PAI sehingga siswa menganggapnya membosankan dan tidak menarik. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kurikulum merdeka belajar diterapkan dan tantangan apa saja yang muncul ketika menerapkannya dalam pembelajaran PAI dalam membangun sikap kritis siswa di SMP Negeri 2 Gandrungmangu. Metodologi penelitian lapangan kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. SMP Negeri 2 Gandrungmangu yang terletak di Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap menjadi lokasi penelitian. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah kurikulum, guru pendidikan agama Islam, dan siswa kelas VII. Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai strategi pengumpulan data. Temuan penelitian ini berkaitan dengan tahap perencanaan implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Gandrungmangu, yakni menganalisis capaian pembelajaran, penyusunan tujuan pembelajaran beserta alurnya, dan pembuatan modul ajar. Tindakan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup merupakan bagian dari tahap implementasi. Selanjutnya, ada tiga metode penilaian yang digunakan dalam tahap evaluasi: tes formatif, sumatif, dan diagnostik. Penerapan kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran PAI menghadirkan beberapa tantangan, antara lain kurangnya sarana prasarana, sulitnya mengubah kebiasaan atau pola pikir yang sudah mendarah daging, dan kekurangan pembelajaran yang berdiferensiasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Sikap Kritis Siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lisna Sholihah sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:12
Last Modified: 26 Jan 2024 03:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23329

Actions (login required)

View Item View Item