UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN ILMU AGAMA ISLAM MELALUI PROGRAM UNGGULAN SEKOLAH BERBASIS PESANTREN DI SMP MA'ARIF NU 2 KEMRANJEN BANYUMAS

Eviani Ismatul, Laeliyah (2024) UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN ILMU AGAMA ISLAM MELALUI PROGRAM UNGGULAN SEKOLAH BERBASIS PESANTREN DI SMP MA'ARIF NU 2 KEMRANJEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI EVIANI ISMATUL LAELIYAH_1917402281_9 PAI G.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Rendahnya penguasaan ilmu agama Islam yang di terjadi dikalangan siswa merupakan salah satu dampak dari adanya arus perkembangan globalisasi dan teknologi yang semakin pesat. Dengan fenomena tersebut Sekolah Berbasis Pesantren hadir dan menjadi salah satu faktor yang mendukung untuk mengetahui meningkat atau tidaknya penguasaan ilmu agama Islam siswa. Hal ini menjadi topik yang menarik untuk diteliti guna memperkuat posisi Sekolah berbasis Pesantren sebagai lembaga yang menjadi sarana bagi para siswa untuk memperoleh pendidikannya. Penelitian ini difokuskan pada SMP Ma’arif NU 2 Kemranjen Banyumas dengan menggunakan metode kualitatif fenemenologi- sosiologis. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur, dan telaah dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan penguasaan ilmu agama melalui progran unggulan sekolah berbasis pesantren di SMP Ma’arif NU 2 Kemranjen Banyumas. Data yang diperoleh, dianalisis secara deskriptif analitik melalui reduksi, display dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Peningkatan penguasaan ilmu agama melalui program unggulan sekolah berbasis pesantren di SMP Ma’arif NU 2 Kemranjen Banyumas setiap tahunnya mengalami peningkatan. 2) Jenis-jenis program unggulan di SMP Ma’arif NU 2 Kemranjren Banyumas diantaranya yaitu kajian kitab kuning meliputi kitab Akhlak Lil Banin, Mabadi Fiqhiyah, dan Jurumiyah, serta program tahfidz Al- qur’an yakni tahfidz juz ‘ama, suratan penting meliputi surah Al-Mulk, Ar- Rahman, Al-Fath, Al-Waqi’ah dan Surah Yaasin, dan tahfidz 30 juz dimulai dari juz 1 dan seterusnya. 3) Langkah-langkah dalam peningkatan penguasaan agama melalui program unggulan diantaranya dimulai dari tahap persiapan, tahap pelaksaan dan tahap evaluasi. 4) Faktor pendukung daalam peningkatan penguasaan ilmu agama diantaranya keterlibatan siswa, kepercayaan wali murid, kesadaran siswa, sarana dan prasarana serta faktor lingkungan yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain, kesulitan siswa dalam hafalan, siswa dan guru yang masih kurang disiplin dan alokasi waktu yag kurang efektif. Kata Kunci : Ilmu Agama Islam, Program Unggulan, Sekolah Berbasis Pesantren

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Agama Islam, Program Unggulan, Sekolah Berbasis Pesantren
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eviani Ismatul Laeliyah sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:23
Last Modified: 26 Jan 2024 03:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23326

Actions (login required)

View Item View Item