IRGI ACHMAD, FACHREZI (2024) ANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL PADA AKUN INSTAGRAM @tarbiyah.generation. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
IRGI ACHMAD FACHREZI_ANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL PADA AKUN INSTAGRAM @tarbiyah.generation.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi, desain komunikasi visual juga telah mengalami transformasi revolusioner. Desain komunikasi visual merupakan sarana komunikasi untuk menyampaikan ide, cerita, konsep, dan informasi melalui penglihatan. Dengan penggunaan elemen-elemen estetika, seperti warna, tipografi, dan komposisi, pesan-pesan kompleks dapat diartikulasikan dengan lebih sederhana dan mengena. Desain komunikasi visual diterapkan dalam media sosial dengan memanfaatkan elemen-elemen visual untuk menyampaikan pesan dan menarik perhatian audiens. Akun Instagram @tarbiyah.generation memiliki bermacam postingan berupa karya visual. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui makna yang terkandung dalam elemen desain komunikasi visual pada akun @tarbiyah.generation. Penelitian ini menggunakan teori Ferdinand de Saussure. Teori ini pandangan terkait tanda menjadi prinsip dari semiotika Saussure, dimana tanda sendiri dalam konteks komunikasi terbagi menjadi dua yaitu penanda (Signifier) dan petanda (Signified). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah setiap tanda visual (ilustrasi, warna dan garis) dan tanda verbal (teks) yang dimunculkan memiliki makna sesuai dengan konteks yang melatarbelakangi pesan yang disampaikan. Setiap poster menginterpretasikan makna himbauan dan mengajak sesama muslim melakukan amar ma’ruf nahi munkar dengan sumber yang jelas yang dicantumkan dalam setiap poster dan setiap poster masuk kedalam kategori komunikasi dengan media massa. Tanda verbal dan tanda visual tidak dapat berdiri sendiri, keduanya saling berkaitan satu dengan yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desain Komunikasi Visual, Semiotika, Instagram. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Irgi Achmad Fachrezi sdr |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 03:14 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 03:14 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23323 |
Actions (login required)
View Item |