PENGARUH FAKTOR PRIBADI, FAKTOR PSIKOLOGIS, DAN KEPATUHAN SYARIAH TERHADAP PREFERENSI NASABAH PADA KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) SYARIAH DI PEGADAIAN PASAR SAMPANG CILACAP

Ahlam, Fikar (2024) PENGARUH FAKTOR PRIBADI, FAKTOR PSIKOLOGIS, DAN KEPATUHAN SYARIAH TERHADAP PREFERENSI NASABAH PADA KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) SYARIAH DI PEGADAIAN PASAR SAMPANG CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Ahlam Fikar_Pengaruh Faktor Pribadi, Faktor Psikologis, dan Kepatuhan Syariah terhadap Preferensi Nasabah pada Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah di Pegadaian Pasar Sampang Cilacap.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyak masyarakat yang memilih alternatif dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan memulai usaha. Namun seringkali aspek modal menjadi kendala utama yang dihadapi oleh para pelaku usaha, sehingga mereka memerlukan akses pembiayaan agar usahanya dapat berjalan lancar. Di era ekonomi sekarang ini, sudah banyak berkembang lembaga keuangan baik lembaga keuangan bank maupun bukan bank. Berbagai macam produk yang ditawarkan bahkan produk yang berlandaskan prinsip syariah juga semakin berkembang. Hal itu agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen yang juga beragam karakternya. Penelitian ini mengkaji terkait KUR Syariah yang belum lama ini resmi dipasarkan oleh pegadaian konvensional yaitu pada bulan September 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh faktor pribadi, faktor psikologis, dan kepatuhan syariah terhadap preferensi nasabah pada KUR Syariah di Pegadaian Pasar Sampang Cilacap. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan skala pengukuran yaitu Skala Likert. Sampel dalam penelitian ini merupakan sampel populasi yaitu sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Namun sebelum melakukan Analisis Regresi Linear Berganda, terlebih dahulu dilakukan Uji Instrumen Data dan Uji Asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Faktor pribadi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi nasabah, dengan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05 dan nilai t hitung 4,903 > t tabel 1,984. 2) Faktor psikologis secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi nasabah, dengan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05 dan nilai t hitung 5,676 > t tabel 1,984. 3) Kepatuhan syariah secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap preferensi nasabah, dengan nilai signifikansi 0,267 > 0,05 dan nilai t hitung 1,117 < t tabel 1,984. 4) Faktor pribadi, faktor psikologis, dan kepatuhan syariah secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi nasabah, dengan nilai F hitung 48,634 ≥ F tabel 2,70 dan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05. 5) Faktor pribadi, faktor psikologis, dan kepatuhan syariah mampu memengaruhi preferensi sebesar 59,1 % dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,591.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pribadi, Psikologis, Kepatuhan Syariah, Preferensi, KUR Syariah
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ahlam Fikar sdr
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:35
Last Modified: 26 Jan 2024 07:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23320

Actions (login required)

View Item View Item