STARTEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN PADA KLINIK KOPI YOGYAKARTA

SYARIF, HIDAYATULOH (2024) STARTEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN PADA KLINIK KOPI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIn Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SYARIF HIDAYATULOH_STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN PADA KLINIK KOPI YOGYAKARTA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Klinik kopi merupakan salah satu kedai kopi di Yogyakarta yang mempunyai keunikan dalam proses pemasarannya dan menggunakan konsep yang unik dalam segi pelayanannya. Klinik Kopi berbeda dengan kedai kopi pada umumnya, karena Klinik Kopi mempunyai inovasi yang unik dengan tidak adanya buku menu, hanya menyediakan kopi yang murni tidak di campur dengan gula atau susu, dan tidak melakukan promosi dalam bentuk diskon atau potongan harga. Meskipun demikian pengunjung Klinik Kopi selalu ramai karena memang benar dari cita rasa yang khas dan biji kopi berkualitas ini membuat pengunjung selalu tertarik akan rasa yang dimilki oleh kedai Klinik Kopi. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Klinik Kopi Yogyakarta dalam menarik minat konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran dalam menarik minat konsumen pada Klinik Kopi Yogyakarta diawali dengan perencanaan strategi komunikasi pemasaran dengan menentukan 4P yaitu product, price, place, Promotion. Serta memanfaatkan media sosial sebagai sarana komunikasi pemasaran. Klinik Kopi tidak menggunakan periklanan berbayar, karena masih mampu dalam melakukan promosi menggunakan media sosial meliputi Instagram, Website, Youtube, Facebook, dan Twitter. Klinik Kopi juga memasarkan produknya dengan penjualan langsung yakni secara tatap muka maupun menggunakan media sosial, memanfaatkan hubungan masyarakat karena berperan sangat penting demi membangun citra suatu produk. Klinik Kopi tidak menggunakn promosi seperti potongan harga ataupun diskon, karena kopi yang disuguhkan merupakan biji kopi yang berkualitas dan Penjualan Personal dengan memberikan pelayanan langsung kepada konsumen Klinik Kopi Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Klinik Kopi Yogyakarta
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: SYARIF HIDAYATULOH sdr
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:16
Last Modified: 26 Jan 2024 03:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23319

Actions (login required)

View Item View Item