PENGARUH FITUR LAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT NASABAH DALAM BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN BSI MOBILE (Studi Kasus di Wilayah Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat)

FANNY, APRILLIA (2024) PENGARUH FITUR LAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT NASABAH DALAM BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN BSI MOBILE (Studi Kasus di Wilayah Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fanny Aprillia_Pengaruh Fitur Layanan, Kepercayaan, dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Dalam Bertransaksi Menggunakan BSI Mobile (Studi Kasus di Wilayah Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Indonesia, sebagai negara mayoritas Muslim dengan populasi Muslim mencapai 231 juta pada tahun 2021, menggambarkan potensi besar dalam pengembangan sektor keuangan syariah. Munculnya teknologi dan penetrasi internet yang pesat di kalangan masyarakat telah memperkuat popularitas layanan perbankan digital, khususnya mobile banking. Bank Syariah Indonesia (BSI), sebagai pelaku utama di sektor ini, menghadapi berbagai tantangan keamanan, termasuk serangan ransomware pada tahun 2022. Inovasi dan peningkatan keamanan menjadi kunci dalam mempertahankan minat nasabah di era layanan perbankan digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari fitur layanan, kepercayaan, dan keamanan terhadap minat nasabah dalam bertransaksi menggunakan BSI Mobile pada masyarakat di Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan data melalui penyebaran kuesioner google form. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik sampling purposive dengan jumlah responden 100 orang dan populasinya adalah masyarakat khususnya nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) di wilayah Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan metode SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel fitur layanan, kepercayaan dan keamanan secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dalam bertransaksi menggunakan BSI Mobile di Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Pada uji R Square, menjelaskan bahwa variabel fitur layanan, kepercayaan dan keamanan dapat mempengaruhi minat bertransaksi menggunakan BSI mobile sebesar 62,1%, sedangkan sisanya 37,9% dipengaruhi oleh variabel religiusitas, kemudahan, literasi keuangan yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fitur Layanan, Kepercayaan, Keamanan, Minat Nasabah, BSI Mobile.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Fanny Aprillia sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 04:03
Last Modified: 26 Jan 2024 04:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23307

Actions (login required)

View Item View Item