PERKEMBANGAN TERAPI GANGGUAN JIWA (STUDI KASUS DI YAYASAN PONDOK LALI JIWA RAGA DESA KLAPAGADING KULON KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS)

Shinta, Fadhillah Widriyani (2024) PERKEMBANGAN TERAPI GANGGUAN JIWA (STUDI KASUS DI YAYASAN PONDOK LALI JIWA RAGA DESA KLAPAGADING KULON KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SHINTA FADHILLAH WIDRIYANI_PERKEMBANGAN TERAPI GANGGUAN JIWA .pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Berdasatkan riset dari RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Banyumas terdapat pasien gangguan jiwa berjumlah 2,2% dengan total 4.446 penderita gangguan jiwa di Kabupaten Banyumas. Untuk mengatasi gangguan jiwa dibutuhkan peran aktif keluarga serta masyarakat, bukan hanya tenaga kesehatan saja. Salah satu upaya pengobatannya adalah dengan melakukan pendekatan terapi. Di Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas terdapat balai rehabilitasi sosial untuk orang dalam gangguan jiwa yang bernama Yayasan Pondok Lali Jiwa Raga, di sana pendekatan terapi medis dan non medis sama- sama digunakan. Yayasan ini mengalami perubahan pada metode non medis yakni sudah tidak menggunakan doa-doa dari Alm. H. Ali Misno, ini dikarenkan tabib Alm. Haji Ali Misno sudah meninggal dunia kemudian digantikan oleh putranya yang bernama Pak Muhammad Dini, dan diganti dengan metode spiritual lain yaitu dengan Sholat dan membaca Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode terapi mengalami perkembangan untuk pengobatan pasien gangguan kejiwaan di Yayasan Pondok Lali Jiwa Raga Wangon Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus. Di Yayasan Pondok Lali Jiwa Raga Wangon Banyumas. Informasi diperoleh dari lima narasumber di Yayasan tersebut, termasuk ketua, staf, pekerja sosial, dan dua pasien binaan yang sudah mampu berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode terapi gangguan jiwa di Yayasan Pondok Lali Jiwa Raga mengalami empat fase perkembangan, yakni tahun 1892-1996, 1996-2016, 2016-2020, dan 2020-2023. Beberapa indikator yang mengalami perkembangan meliputi metode rehabilitasi, bentuk terapi gangguan jiwa, administrasi, struktur kepemimpinan, fasilitas, dan jumlah pasien. Hasil penelitian akan memberikan gambaran lebih lanjut tentang bagaimana metode terapi di yayasan tersebut berkembang selama periode waktu sudah disebutkan. Kata Kunci: ODGJ, Terapi, Rehabilitasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Shinta Fadhillah Widriyani sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:52
Last Modified: 26 Jan 2024 02:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23301

Actions (login required)

View Item View Item