PEMBINAAN AKTIVITAS RELIGIUS SISWA SMK WIWOROTOMO PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

WINDRA, NIM:1123301161 (2016) PEMBINAAN AKTIVITAS RELIGIUS SISWA SMK WIWOROTOMO PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (664kB) | Preview
[img] Text
WINDRA_PEMBINAAN AKTIVITAS RELIGIUS SISWA SMK WIWOROTOMO PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 20152016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari banyaknya persoalan pembelajaran dewasa ini, khususnya pada mata pelajaran PAI yang dinilai dalam proses pembelajarannya hanya berjalan begitu saja, tanpa memperhatikan bagaimana keberhasilan dalam membentuk karakter peserta didiknya. Anak didik mengetahui banyak hal, akan tetapi ia menjadi kurang memiliki sikap, minat maupun pemikiran positif terhadap apa yang ia ketahui. Berkenaan dengan itu maka upaya untuk menegakkan akhlak mulia bangsa merupakan suatu keharusan mutlak bagi kita semua baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sosial. Dengan memahami pentingnya membentuk akhlak peserta didiknya SMK Wiworotomo Purwokerto sebagai salah satu lembaga pendidikan formal dituntut untuk bisa membentuk perilaku peserta didiknya dengan cara melakukan pembinaan aktivitas religius siswa agar memiliki budi pekerti yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kejelasan tentang bagaimana pembinaan aktivitas religius siswa SMK Wiworotomo Purwokerto Tahun Pelajaran 2015/2016? Penelitian ini merupakan peneitian kualitatif yaitu jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Data primer diperoleh melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan guru PAI dan guru Pembina Bina Program Iman dan Taqwa (BP IMTAQ) SMK Wiworotomo Purwokerto, sedangkan data sekunder diperoleh melalui wawancara dengan Kepala Sekolah dan Peserta didik. Sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data, antara lain : Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Penarikan Kesimpulan/Verifikasi (Conclusion Drawing/Verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya pembinaan aktivitas religius siswa menggunakan metode memberikan keteladanan dan membiasakan peserta didik untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan religius yang sudah diprogramkan oleh sekolah. Dari analisis yang penulis lakukan terhadap keteladanan dan proses pembiasaan dalam rangka membentuk perilaku religius siswa, dapat disimpulkan bahwa pembinaan aktivitas religius siswa SMK Wiworotomo Purwokerto sudah berjalan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari respon positif seluruh warga sekolah baik guru, karyawan maupun siswa dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan religius yang ada. Sehingga kegiatan pembinaan aktivitas religius di sekolah berjalan dengan kondusif, dan tujuan yang ingin dicapai dari program ini dapat tercapai dengan baik. Kata Kunci: Pembinaan, Kegiatan Religius, Siswa SMK Wiworotomo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 374 Adult education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 15 Jun 2016 02:43
Last Modified: 15 Jun 2016 02:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item View Item