EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN METODE PSIKODRAMA UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING SISWA KELAS VIII SMP N 1 KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA

SARA ANTIKA, SARI (2024) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN METODE PSIKODRAMA UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING SISWA KELAS VIII SMP N 1 KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SARA ANTIKA SARI_EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN METODE PSIKODRAMA UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING SISWA KELAS VIII SMP N 1 KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA.docx.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kasus bullying masih menjadi hal yang sering terjadi di lingkungan sekolah. Bullying atau perundungan merupakan sebuah perilaku agresif, dimana individu ataupun kelompok melakukan suatu hal yang dapat membuat individu lain terluka baik secara fisik maupun psikis. Beberapa kasus bullying yang ditemukan, baik itu bullying ringan maupun berat, perlu adanya pemberian layanan konseling kelompok bagi peserta didik yang menjadi pelaku dan atau korban, agar dapat terlindungi dari peningkatan perilaku bullying. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengatasi perilaku bullying pada siswa yang dilakukan dengan konseling kelompok dengan metode psikodrama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen atau komparatif. Peneliti menggunakan desain penelitian Non-Equivalent Control Grup Design. Penelitian dilaksanakan di SMP N 1 Karanganyar. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah peserta didik yang memiliki perilaku bullying yang berada di kelas VIII yang berasal dari kelas VIII D, F, G dan H dengan jumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji sampel paired test, dengan hasil nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0.05 (0.000 ≤ 0.05), artinya Ho ditolak dan Ha diterima karena terdapat perbedaan setelah diberikan konseling kelompok dengan metode psikodrama. Kesimpulan penelitian ini adalah konseling kelompok dengan metode psikodrama efektif untuk mengatasi perilaku bullying pada pelaku bullying di SMPN 1 Karanganyar. Perubahan sikap yang dimiliki oleh sampel juga menunjukkan adanya penurunan perilaku bullying yang dimiliki oleh sampel. Mulai dari cara bicara sampel yang sudah semakin baik tanpa mengeluarkan perkataan yang kotor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Konseling, Kelompok, Psikodrama, Bullying
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sara Antika Sari sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 01:33
Last Modified: 26 Jan 2024 01:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23299

Actions (login required)

View Item View Item