STRATEGI KOMUNIKASI JAM’IYAH YASIN NAHDHATUN NASYI’IN DALAM MENINGKATKAN MINAT REMAJA DI DESA KAMBANGAN KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL

YUYUN, SULISTIYANI (2024) STRATEGI KOMUNIKASI JAM’IYAH YASIN NAHDHATUN NASYI’IN DALAM MENINGKATKAN MINAT REMAJA DI DESA KAMBANGAN KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
YUYUN SULISTIYANI_Strategi Komunikasi Jam'iyyah Yasin Nahdhatun Nasyi'in Dalam Meningkatkan Minat Remaja Di Desa Kambangan Kecamatan Lebaksiu Kabupaten TEgal.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Interaksi manusia tidak terlepaskan dengan manusia yang lainnya dimana hal ini merupakan sebuah anugerah dari Allah SWT sebagai makhluk sosial. Komunikasi sangat penting bagi kehidupan sosial terutama dalam sebuah golongan organisasi. Jam’iyyah Yasiin Nahdhatun Nasyi’in adalah sebuah organisasi yang berbasis agama dijalankan oleh para remaja yang memiliki kegiatan rutin mingguan, bulanan, dan tahunan. Sehingga harapannya dapat membentuk karakter remaja zaman sekarang dengan akhlaqul karimah dan memiliki jiwa sosial yang tinggi serta dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh Jam’iyyah Yasiin Nahdhtaun Nasyi’in untuk meningkatkan minat remaja di Desa Kambangan Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif, dimana dalam memperoleh data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang bertujuan untuk mengungkap dan menggambarkan suatu permasalahan dengan mengumpulkan data secara langsung dan peneliti sebagai kunci. Hasil penelitian ini peneliti menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Jam’iyyah Yasiin Nahdhtaun Nasyi’in yaitu menggunakan strategi komunikassi informatif, persuasif dan konstruktif. Dimana strategi ini merupakan metode komunikasi dengan memberikan informasi, komunikasi melalui pendekatan, dan komunikasi dalam bentuk perintah. Hambatan komunikasi yang terjadi dalam organisasi Jam’iyyah Yasiin Nahdhtaun Nasyi’in yang ditemukan oleh peneliti yaitu Hambatan fisik, Hambatan budaya, Hambatan bias, Adanya salah tafsir, dan Adanya konflik. Kata kunci : Strategi Komunikasi, Jam’iyyah Yasiin Nahdhtaun Nasyi’in, Minat Remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Strategi Komunikasi, Jam’iyyah Yasiin Nahdhtaun Nasyi’in, Minat Remaja.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.7 Problem and Service to Young People (Anak dan Remaja)
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: YUYUN SULISTIYANI sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:48
Last Modified: 26 Jan 2024 02:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23289

Actions (login required)

View Item View Item