PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI COMMUNITY BASED TOURISM (CBT) (STUDI KASUS AGRO EDUWISATA SEAKONG WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA)

Krisna Kurnia, Duati (2024) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI COMMUNITY BASED TOURISM (CBT) (STUDI KASUS AGRO EDUWISATA SEAKONG WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
KRISNA KURNIA DUATI_PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI COMMUNITY BASED TOURISM (CBT) (Studi Kasus Agro Eduwisata Seakong Wanadadi Kabupaten Banjarnegara).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan langkah yang dilaksanakan secara terstruktur untuk memberikan kekuatan dan perubahan kepada masyarakat yang kurang berdaya atau lemah. Pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan melalui berbagai aspek, salah satunya melalui pariwisata. Peningkatan kegiatan pariwisata dapat dilaksanakan melalui pendekatan community based tourism (CBT) yang mampu mengembangkan potensi lokal dan memberdayakan masyarakat. Agro Eduwisata Seakong merupakan destinasi wisata yang menerapkan konsep community based tourism (CBT), memiliki daya tarik tinggi melalui waduk dan fasilitas yang disediakan. Agro Eduwisata Seakong terletak di Desa Wanadadi, Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarmegara. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses dan menganalisis pemberdayaan masyarakat dalam community based tourism (CBT) di Agro Eduwisata Seakong Di Desa Wanadadi Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan metode penlitian kualitatif kualitatif dengan jenis penelitian field reseacrh dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokuementasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelola Agro Eduwisata Seakong memberikan program pemberdayaan untuk masyarakat lokal diantaranya program keamanan dan kebersihan, search and rescue (SAR), promosi media dan photografi. Pelaksanaan program ini bertujuan untuk membangun partisipasi aktif dari masyarakat, sehingga masyarakat dapat menjadi pemeran utama untuk pengimplementasian community based tourism (CBT). Selain itu, dengan mengimplementasikan CBT kedalam program pemberdayaan masyarakat mampu menciptakan peluang ekonomi baru, meningkatkan partisipasi masyarakat, dan pemanfaatan sumberdaya yang ada. Kata Kunci : pemberdayaan masyarakat, partisipasi, community based tourism.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan masyarakat, partisipasi, community based tourism.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Krisna Kurnia Duati sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 01:31
Last Modified: 26 Jan 2024 01:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23281

Actions (login required)

View Item View Item