STRATEGI PEMBELAJARAN FUN LEARNING DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN KEAKSARAAN DI BIMBA AIUEO KOBER

Lukit, Damiri Oktinawa (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN FUN LEARNING DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN KEAKSARAAN DI BIMBA AIUEO KOBER. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LUKIT DAMIRI OKTINAWA_STRATEGI PEMBELAJARAN FUN LEARNING DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK USIA DINI DI BIMBA AIUEO KOBER..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Strategi Pembelajaran Fun Learning dalam menstimulasi kemampuan keaksaraan awal merupakan salah satu metode yang diterapkan di BIMBA agar menciptakan suasana Pembelajaran yang menyanangkan bagi anak usia dini. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam menerapkan Pembelajaran Fun Learning di BIMBA AIUEO Kober. Penelitian ini menerapkan penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dalam menganalisis menggunakan model penelitian Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data penelitian dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi Pembelajaran Fun Learning dalam menstimulasi kemampuan keaksaraan anak usia dini di BIMBA AIUEO Kober dapat berjalan secara maksimal dan dapat meningkatkan minat baca anak. Strategi Pembelajaran yang diberikan guru dalam bentuk menyanyi, bercerita, bermain dan tempelan dinding dapat meningkatkan minat belajar anak. Hal ini dikarenakan anak berperan sebagai subjek, pembelajaran lebih sesuai dengan kemauan dan kemampuan anak, pembelajaran lebih menekankan ke minat belajar. Kemudian, keberhasilan penerapan strategi Pembelajaran Fun Learning dapat dilihat dari tercapainya tujuan BIMBA dibuktikan dengan anak yang sudah belajar selama 72 jam pelajaran mampu membaca, menulis dan berhitung. Mampu mengerjakan soal modul sendiri tanpa bantuan dari orang tuanya. Pembelajaran yang ada di BIMBA mempunyai ciri khasnya sendiri, setiap anak mempunyai ciri khas belajarnya masing- masing, ada anak yang lebih cepat membaca dari pada berhitung namun ada pula anak yang sudah lebih cepat berhitung daripada membaca, ataupun kemampuan menulis yang lebih rapi, disini tugas motivator adalah membangkitkan minat belajar anak. Kata Kunci: Pembelajaran Fun Learning, Keaksaraan Awal, BIMBA AIUEO

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fun Learning, Keaksaraan Awal, BIMBA AIUEO
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Lukit Damiri Oktinawa sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:11
Last Modified: 26 Jan 2024 02:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23278

Actions (login required)

View Item View Item