NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SINETRON RELIGI: PARA PENCARI TUHAN JILID ENAM BELAS “KIAMAT SEMAKIN DEKAT”

FATHAH AL RIZKI, MUHAMMAD (2024) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SINETRON RELIGI: PARA PENCARI TUHAN JILID ENAM BELAS “KIAMAT SEMAKIN DEKAT”. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FATHAH AL RIZKI MUHAMMAD_NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SINETRON RELIGI PARA PENCARI TUHAN JILID 16 KIAMAT SEMAKIN DEKAT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Islam dalam sinetron religi menciptakan platform yang dapat menyampaikan nilai-nilai agama secara atraktif kepada penonton. Melalui narasi yang menarik dan karakter-karakter yang dihadapkan pada situasi kehidupan sehari-hari, sinetron religi dapat menjadi sarana efektif untuk menyampaikan pesan-pesan moral dan ajaran Islam. Pendidikan Islam dalam konteks sinetron religi juga dapat membantu memperkuat identitas keagamaan penonton, menawarkan pandangan hidup yang sesuai dengan prinsip-prinsip agama Islam. Penting untuk memastikan bahwa sinetron religi tersebut tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan pesan moral dan edukatif yang mendalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam sinetron Para Pencari Tuhan Jilid 16. Penelitian ini menggunakan metode analisis Semiotik yang memfokuskan pada studi tanda-tanda dan makna yang terkandung dalam teks atau konteks tertentu. Konsep dasar dalam analisis semiotik melibatkan pembedaan antara “penanda” (signifier) yang merupakan bentuk fisik dari suatu tanda, dan “yang dilambangkan” (signified) yang merupakan makna atau konsep yang diwakili oleh tanda tersebut. Penelitian ini menggunakan dua sumber data, primer dan sekunder. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Sementara itu, untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dengan menerapkan pendekatan analisis isi atau content analysis. Hasil penelitian ini dapat ditemukan adanya beberapa nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam sinetron religi Para Pencari Tuhan Jilid 16, yaitu nilai ibadah, nilai akidah dan nilai akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Islam, Sinetron
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: FATHAH AL RIZKI MUHAMMAD sdr
Date Deposited: 26 Jan 2024 06:35
Last Modified: 26 Jan 2024 06:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23277

Actions (login required)

View Item View Item