PENERAPAN PASAL 74 UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS TERKAIT TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN PADA PT. DE NATURE INDONESIA

Eqyun, Deka Ananda (2024) PENERAPAN PASAL 74 UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS TERKAIT TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN PADA PT. DE NATURE INDONESIA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifudddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Eqyun Deka Ananda_PENERAPAN PASAL 74 UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2007.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perseroan Terbatas (PT) yang menjalankan produksinya dengan mengelola sumber daya alam menurut Pasal 74 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas wajib hukumnya untuk melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan. Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan atau CSR merupakan komitmen yang berkelanjutan dari perusahaan dalam pengembangan ekonomi, sosial, dan lingkungan. CSR disini meliputi beberapa bidang yang terdiri dari bidang rohani, kesehatan, sosial, pendidikan dan olahraga serta lingkungan. Masih banyak PT yang dimaksud dalam Pasal 74 yang belum melaksanakan apa yang telah diperintahkan oleh Undang-Undang tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan Pasal 74 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas Terkait Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Pada PT. De Nature Indonesia. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian hukum normatif (normative legal research) yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan cara mengkaji peraturan perundang-undangan yang berlaku atau diterapkan pada suatu persoalan hukum tertentu. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data melalui penelusuran, membaca dan mencatat, tindakan selanjutnya adalah penyusunan data, mengklasifikasikannya yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan analisis data yang menghasilkan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa, PT. De Nature Indonesia telah melaksanakan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan atau CSR sesuai dengan apa yang telah diatur dalam Pasal 74 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Beberapa bidang atau program CSR yang telah dilaksanan oleh PT. De Nature Indonesia antara lain, bidang rohani, bidang kesehatan, bidang sosial, dan bidang pendidikan dan olahraga. Akan tetapi, terdapat beberapa bidang yang masih kurang optimal dalam hal pelaksanaannya seperti pada bidang kesehatan, bidang pendidikan dan olahraga serta terdapat salah satu program atau bidang yang terlewat seperti bidang lingkungan hidup. Kata kunci : Perseroan Terbatas, Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perseroan Terbatas, Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
300 Social sciences > 340 Law > 342 Constitutional and administrative law
300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Eqyun Deka Ananda sdr
Date Deposited: 26 Jan 2024 06:26
Last Modified: 26 Jan 2024 06:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23256

Actions (login required)

View Item View Item