PENERAPAN ANALISI SWOT DAN ANALISIS SOAR SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PADA USAHA ANGKRINGAN MBAH AO TANJUNG PURWOKERTO SELATAN

Hana, Hanifah (2024) PENERAPAN ANALISI SWOT DAN ANALISIS SOAR SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PADA USAHA ANGKRINGAN MBAH AO TANJUNG PURWOKERTO SELATAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
HANA HANIFAH_Penerapan Analisis SWOT dan Analisis SOAR Sebagai Strategi Pengembangan Produk Pada Usaha Angkringan Mbah Ao Tanjung Purwokerto Selatan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Strategi pengembangan produk merupakan salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh bisnis makanan dan minuman. Pengembangan produk adalah strategi dan proses yang dilakukan oleh perusahaan dalam mengembangkan suatu produk, memperbaiki produk lama atau memperbanyak kegunaan produk ke segmen pasar yang ada dengan asumsi pelanggan menginginkan unsur-unsu baru mengenai produk. Menurut Jatmiko, strategi dideskripsikan sebagai suatu cara dimana perusahaan akan mencapai tujuan-tujuannya, sesuai dengan peluang- peluang dan ancaman-ancaman lingkungan eksternal yang dihadapi serta aumber daya dan kemampuan internal perusahaan. Tujuan utana penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi apa yang telah dijalankan oleh Angkringan Mbah Ao dan memberikan akternatif strategi yang sesuai dengan posisi dan keadaaan perusahaan saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekata kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu data dari informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, untuk teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan strategi pengembangan produk usaha Angkringan Mbah Ao yang diterapkan adalah strategi kualitas produk, strategi produksi, strategi pemasaran, dan strategi lingkungan. Kemudian dari matriks SWOT, strategi yang tepat yang dapat diterapkan oleh Angkringan Mbah Ao dimasa yang akan datang adalah strategi W-T dengan meminimalkan kelemahan yang dimiliki serta menghindari ancaman yang ada. Kemudian dari matriks SOAR, strategi yang tepat yang dapat diterapkan oleh Angkringan Mbah Ao dimasa yang akan datang yakni berfokus pada kekuatan dan memanfaatkan peluang untuk menjadikan hasil yang sempurna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan Produk, Analisis SWOT, Analisis Soar, Angkringan Mbah Ao
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: HANA HANIFAH sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 06:24
Last Modified: 26 Jan 2024 06:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23255

Actions (login required)

View Item View Item