IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN KOMUNITAS SUBUH BERJAMAAH (KOSUBE) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA IT AL-IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO

Zaeni, Rofiq (2024) IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN KOMUNITAS SUBUH BERJAMAAH (KOSUBE) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA IT AL-IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Zaeni Ngabdur Rofiq_Implementasi Metode Pembiasaan Komunitas Subuh Berjamaah (KOSUBE) Dalam Pembentukan Karakter Siswa DI SMA IT .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Metode Pembiasaan Komunitas Subuh Berjamaah (KOSUBE) dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus, data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian diperoleh dari deskripsi tentang Implementasi Metode Pembiasaan Komunitas Subuh Berjamaah (KOSUBE) Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Kegiatan ini dimulai melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dimulai dengan adanya rapat kerja sekolah, pelaksanaan dibuktikan dengan adanya kegiatan (KOSUBE), evaluasi ini proses yang dilakukan setelah dilaksanakan baik yang secara insidental maupun turstruktur. Sementara yang dihasilkan dari pembentukan ini dengan terbentuknya nilai-nilai karakter tersebut diantaranya, religius, disiplin, tanggung jawab, komunikatif, dan kerja keras. Karakter religius ditanamkan guru pada peserta didik dengan cara melakukan pembiasaan kegiatan subuh berjamaah sebelum dan sesudah kegiatan komunitas subuh berjamaah, mendengarkan nasehat agama Islam melalui ceramah, pembiasaan membaca dan mendengarkan ayat-ayat AlQur’an melaluitdarrus dan murojaah, serta menanamkan karakter dalam bersosial. Karakter disiplin pada peserta didik dilihat dari ketepatan waktu dalam memulai kegiatan dan ketertiban pada saat kegiatan berlangsung. Karakter tanggung jawab dilihat dari guru yang memberikan jadwal petugas dalam kegiatan khitobah dan memberikan tanggung jawab kepada anggota KOSUBE untuk melatih peserta didik yang dijadwalkan tampil. Karakter komunikatif ditanamkan pada peserta didik dengan cara membangun kerja sama antara, satu mkelompok dengan kelompok yamg lain dan petugas yang dijadwalkan tampil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kosube, Metode, Pendidikan Karakter
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zaeni Ngabdur Rofiq sdr
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:29
Last Modified: 26 Jan 2024 02:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23253

Actions (login required)

View Item View Item