INTERNALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA MELALUI LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL DI DESA SEGARALANGU KECAMATAN CIPARI KABUPATEN CILACAP

FIRDA, ASSAFILLIA (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA MELALUI LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL DI DESA SEGARALANGU KECAMATAN CIPARI KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FIRDA ASSAFILLIA_INTERNALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA MELALUI LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL DI DESA SEGARALANGU KECAMATAN CIPARI KABUPATEN CILACAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Internalisasi nilai toleransi beragama merupakan proses di mana seseorang mengadopsi dan mempraktikkan nilai-nilai toleransi terhadap beragamnya kepercayaan agama dan keyakinan dalam diri mereka. Adapun peneliti memfokuskan penelitian ini pada nilai toleransi beragama melalui lembaga pendidikan nonformal di Desa Segaralangu, Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana internalisasi nilai toleransi beragama melalui lembaga pendidikan nonformal yang ada di Desa Segaralangu, Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah tokoh agama dan masyarakat yang telibat dalam lembaga pendidikan nonformal di Desa Segaralangu, Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil temuan pertama mengenai proses dan metode internalisasi nilai toleransi beragama yaitu melalui pendidikan dan pemahaman, dialog antar agama, aktivitas komunitas dan model peran. Hasil temuan kedua yaitu bentuk-bentuk internalisasi nilai toleransi beragama berupa penerimaan pluralisme agama, dialog antar agama, menghormati ritual dan perayaan keagamaan serta tidak diskriminatif. Hasil temuan yang ketiga yaitu mengenai faktor pendukung dan penghambat dalam internalisasi nilai toleransi beragama melalui lembaga pendidikan nonformal di Desa Segaralangu, Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap. Faktor pendukungnya berupa pendidikan, pengalaman pribadi, budaya dan lingkungan sosial serta adanya dukungan dan kerja sama. Kemudian faktor penghambatnya berupa kurangnya pemahaman tentang toleransi beragama dan ketidakseimbangan dalam materi pendidikan. Kata Kunci: Internalisasi, Toleransi Beragama, Pendidikan Nonformal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Internalisasi, Toleransi Beragama, Pendidikan Nonformal
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: FIRDA ASSAFILLIA sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:57
Last Modified: 26 Jan 2024 02:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23252

Actions (login required)

View Item View Item