REPRESENTASI MUSLIM YANG TAAT DALAM IKLAN SARUNG BHS “BERBAGI KEBAIKAN BHS” (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Albila, Tiara (2024) REPRESENTASI MUSLIM YANG TAAT DALAM IKLAN SARUNG BHS “BERBAGI KEBAIKAN BHS” (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ALBILA TIARA_REPRESENTASI MUSLIM YANG TAAT DALAM IKLAN SARUNG BHS BERBAGI KEBAIKAN BHS (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dakwah selama ini selalu identik dengan ceramah yang disampaikan da’i kepada mad’u. Namun di zaman sekarang yang mana teknologi sudah berkembang dengan pesat, dakwah dapat dilakukan melalui berbagai metode dan media. Salah satunya yaitu melalui iklan. Iklan merupakan sebuah tayangan yang dibuat oleh perusahaan suatu produk atau jasa yang berisi pesan persuasif untuk memengaruhi penonton supaya mau membeli dan menggunakan produk atau jasa tersebut. Melihat mayoritas penduduk di Indonesia adalah umat muslim, iklan dengan nuansa muslim sangat digemari. Salah satunya yaitu iklan dari brand sarung legendaris asal Kabupaten Gresik, Jawa Barat, yaitu Sarung BHS Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui bagaimana representasi muslim yang taat yang terkandung dalam iklan, serta analisis tanda makna denotasi, konotasi, dan mitos sesuai dengan perspektif semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penleitian ini yaitu menggunakan observasi dan dokumentasi. Peneliti memperoleh data dengan mengunduh iklan dari jejaring sosial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semotika model Roland Barthes, yaitu dengan melihat tanda dan menjelaskan maknanya secara denotasi, konotasi, serta mitos. Penelitian ini mendapatkan hasil yaitu muslim yang taat direpresentasikan dengan sifat memprioritaskan ibadah, jujur, sabar, menjaga amanat, mengucapkan salam ketika bertemu orang lain, serta mengajak pada kebaikan. Serta analisis tanda makna denotasi, konotasi, serta mitos terdapat pada narasi audio dan beberapa scene pilihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Muslim, Taat, Iklan, Sarung BHS, Semiotika
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits > 297.1254 Compilation of Hadiths (Hadith books) > 297.12542 Muslim
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Albila Tiara sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:57
Last Modified: 26 Jan 2024 03:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23241

Actions (login required)

View Item View Item