IMPLEMENTASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA DI MI MUHAMMADIYAH KEDUNGJAMPANG PURBALINGGA

Wahyu, Tri Anisa (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA DI MI MUHAMMADIYAH KEDUNGJAMPANG PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_WAHYU TRI ANISA_2017405120_UPLOAD.pdf

Download (840kB) | Preview

Abstract

Kekhawatiran akan hilangnya karakter karena terjadinya krisis moral pada siswa penting untuk diperhatikan oleh orang tua, guru, dan masyarakat. Sehingga diperlukannya program pendidikan yang dapat mengembangkan karakter, yaitu dengan karakter Dimensi Profil Pelajar Pancasila pada siswa karena pengembangan karakter sesuai dengan tujuan Pendidikan Indonesia yaitu melalui ekstrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program esktrakurikuler dalam mengembangkan karakter siswa. Metode Penelitian menggunakan kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi. Lokasi penelitian di MI Muhammadiyah Kedungjampang Purbalingga. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, pembina atau pelatih ekstrakurikuler, dan siswa. Hasil penelitian menunjukan implementasi (a) ekstrakurikuler pramuka dilaksanakan secara terencana melalui kegiatan rutin setiap minggunya pengisia SKU golongan siaga dan penggalang, perkemahan, siaga garuda, PERJUMSA, PERSARI, JAMRAN, JAMCAB, Upacara hari pramuka setiap pertemuannya siswa menunjukkan karakternya (b) implementasi pada ekstrakurikuler tapak suci dilaksanakan teratur, rutin setiap minggunya melalui rangkaian dari berdoa, pemberian materi jurus tapak suci dan penutupan membantu siswa memahami serta meningkatkan skill jurus sebagai bekal kehidupan disampaing skill karakter mereka terus berkembang (c) ekstrakurikuler bola voli dilaksanakan setiap minggunya dan pemadatan latihan saat akan perlombaan, setiap minggunya menunjukkan progress skill siswa, karakter siswa berkembang terlihat saat latihan bersama tim. Implementasi ketiga ekstrakurikuler dalam mengembangkan karakter Dimensi Profil Pelajar Pancasila sudah dilaksanakan secara baik dan setiap minggunya menunjukkan pengembangan karakter pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Ekstrakurikuler, Karakter Dimensi Profil Pelajar Pancasila
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wahyu Tri Anisa sdri
Date Deposited: 25 Jan 2024 08:52
Last Modified: 25 Jan 2024 08:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23239

Actions (login required)

View Item View Item