MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS PESANTREN DI MADRASAH SALAFIYAH DINIYAH AL-ITTIHAAD 1 PASIR LOR KABUPATEN BANYUMAS

Itmam, Mufaiz (2024) MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS PESANTREN DI MADRASAH SALAFIYAH DINIYAH AL-ITTIHAAD 1 PASIR LOR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Itmam Mufaiz_Manajemen Kurikulum berbasis Pesantren di MSDA 1 Pasir Lor Kabupaten Banyumas.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang penting, yang pada hakikatnya setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan yang dapat menjadi bekal dalam perkembangan hidupnya. didalam lembaga pendidikan kurikulum menjadi salah satu proses penting untuk memberikan arah dan tujuan dari pendidikan yang diharapkan. Kurikulum menjadi pedoman bagi lembaga pendidikan supaya kegaitan yang berlangsung berjalan sesuai dengan harapan pendidikan. Kurikulum perlu dikelola dan dijalankan dengan baik, untuk itu manajemen kurikulum adalah salah satu cara yang dapat diambil guna mnegatur dan mengelola proses pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Manajemen Kurikulum dengan basis pesantren di Madrasah Salafiyah Diniyah Al-Ittihaad 1 Pasir Lor Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek dan menghasilkan data secara deskriptif berupa dokumen tertulis maupun lisan yang diperoleh melalui Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Untuk teknis analisis dan keabsahan data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek atau sumber data dari penelitian ini adalah Kepala madrasah, Wakil Kepala bidang Kurikulum, serta Ustadz/ustsadzah. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen kurikulum berbasis pesantren di Madrasah Salafiyah Diniyah Al-Ittihaad 1 Pasir Lor Kabupaten Banyumas mulai dari perencanaan seperti persiapan mengajar, pembuatan jadwal mengajar dan kalender akademik perlu disesuaikan dengan kebutuhan santri. Kemudian didalam pengorganisasian membuat klasifikasi tugas ustadz sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan mengatur mata pelajaran sesuai dengan jenjang pendidikan santri lalu kegiatan pelaksanaan kurikulum yakni ada pelaksanaan tingkat sekolah yang dilaksanakan oleh kepala Madrasah dan dibantu oleh waka bidang kurikulum dan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dikelas dilaksanakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab ustadz/ustadzah. Tahap yang terakhir yaitu evaluasi dengan mengadakan rapat akhir tahun untuk mengukur kekurangan dan kelemahan kurikulum yang digunakan, membahas mengenai kinerja guru, pencapaian materi, dan sarana prasarana serta mengevaluasi santri sehingga dapat mengetahui apa saja yang perlu dikembangkan dan diperbaiki. dalam kegiatan pembelajaran kepala madin melakukan evaluasi dengan memantau kegiatan Belajar Mengajar. Dan dalam evaluasi pembelajaran dengan menggunakan metode Ulangan atau tes Sumatif, dengan metode ulangan atau tes sumatif ustadz dapat mengetahui pencapaian dan efektifitas mengenai pemahan santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum berbasis Pesantren, Madrasah Diniyah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Itmam Mufaiz sdr
Date Deposited: 25 Jan 2024 08:48
Last Modified: 25 Jan 2024 08:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23238

Actions (login required)

View Item View Item