NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM ANIMASI UP DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR

Aulya, Putri Listiyani (2024) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM ANIMASI UP DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AULYA PUTRI LISTIYANI_NILAI – NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM ANIMASI UP DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter dalam penerapannya sebagai bentuk untuk menghilangkan persoalan moral yang menyimpang pada kalangan terpelajar khususnya pada siswa sekolah dasar. Melalui berbagai macam media pembelajaran pendidikan karakter dapat diterapkan pada siswa sekolah dasar. Pemutaran film animasi menjadi pengaruh cukup besar dalam penanaman pendidikan karakter. Namun dibutuhkan film animasi yang bersifat persuasif menjadi salah satu kriterianya. Diantara film animasi yang mengandung nilai pendidikan karakter adalah film animasi Up. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menemukan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film animasi Up sesuai 18 nilai karakter hasil keputusan Kemendiknas. Kemudian direlevansikan terhadap pembelajaran IPAS siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat 8 nilai karakter yang ada dalam film animasi Up yaitu Jujur, Kerja Keras, Kreatif, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komunikatif, Peduli Sosial dan Tanggung Jawab. Sedangkan relevansi nilai pendidikan karakter dalam film animasi Up menunjukan bahwa pembelajaran IPAS dapat diterapkan untuk penanaman pendidikan karakter siswa melalui Profil Pelajar Pancasila. Relevansi nilai pendidikan karakter dengan pembelajaran IPAS siswa sekolah dasar dapat diterapkan pada strategi guru atau orang tua agar mengajarkan nilai yang ada agar dapat memiliki karakter yang baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai, Pendidikan Karakter, Up, Pembelajaran IPAS
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aulya Putri Listiyani sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 01:45
Last Modified: 26 Jan 2024 01:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23237

Actions (login required)

View Item View Item