ANALISIS UPAYA GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MI MUHAMMADIYAH 02 SLINGA PURBALINGGA

Julia, Dwi Rahmawati (2024) ANALISIS UPAYA GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MI MUHAMMADIYAH 02 SLINGA PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
JULIYA DWI RAHMAWATI_ANALISIS UPAYA GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MI MUHAMMADIYAH 02 SLINGA PURBALINGGA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman yang ada saat ini dapat memicu perubahan perilaku dan juga karakter seseorang. Karakter yang cukup penting adalah karakter religius, yang mana karakter religius akan berpengaruh terhadap karakter lainnya. Maka, perlu adanya upaya yang dilakukan untuk mengembangkan karakter seseorang. Pengembangan karakter harus dilakukan sedini mungkin. Maka dari itu perlu adanya penanaman karakter yang tepat untuk peserta didik usia sekolah dasar. Dalam hal ini bukan hanya sebagai tanggung jawab orang tua saja, namun perlu adanya dukungan dan campur tangan guru dalam pembentukan karakter religius. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan guru dan juga faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pembentukan karakter yang dihadapi guru di MI Muhammadiyah 02 Slinga Purbalingga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru di MI Muhammadiyah 02 Slinga Purbalingga memiliki upaya-upaya yang dilakukan untuk mengembangkan karakter religius dengan membaca hafalan Al-Qur’an Juz 30 sebelum pelajaran, melaksanakan sholat dhuha dan dzuhur, pelatihan bacaan dan gerakan sholat, tahfidz, membiasakan 5S, bertutur kata baik, memiliki adab saat do’a dan makan, berkisah kebesaran Allah, dan memperingati hari besar Islam. Dan faktor pendukung yang ada diantaranya sarana prasarana yag mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya adalah perkembangan zaman yang ada dan kurangnya kerja sama orang tua dalam pembentukan karakter religius di rumah mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Guru, Karakter, Religius, Peserta Didik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Juliya Dwi Rahmawati sdri
Date Deposited: 25 Jan 2024 08:42
Last Modified: 25 Jan 2024 08:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23236

Actions (login required)

View Item View Item